Ngantuk Tapi Sukar Tidur? Coba Cara Ini

  • Whatsapp
Insomnia, ngantuk tapi susah tidur
Insomnia, ngantuk tapi susah tidur

Jambiseru.com – Anda ngantuk tapi susah tidur? Berusaha keras agar bisa terlelap tapi tak berhasil? Mari coba cara di bawah ini.

Baca Juga : Waspada! Gunakan Masker, Orang Sehat Malah Rentan Terkena Covid-19

Bacaan Lainnya

Sukar tidur atau insomnia termasuk gangguan yang berbahaya bagi tubuh. Sebab, tubuh manusia butuh waktu istirahat agar nanti setelah bangun bisa fresh lagi untuk beraktivitas.

Sebelum mencoba trik agar bisa tidur, ada baiknya kita mengenali apa penyebab sukar tiduk walau sudah ngantuk berat.

Penyebab susah tidur menurut laman Pobela.com dan berbagai sumber, ada beberapa penyebabnya. Yakni:

1. Kebanyakan konsumsi kafein

Kopi mengandung kafein yang tinggi. Selain kopi, minuman sepeti teh juga mengandung kafein yang menyebabkan seseorang susah tidur walau sudah ngantuk.

2. Suhu kamar

Suhu kamar terlalu panas atau dingin, membuat tubuh kesulitan beradaptasi sehingga kita susah tidur.

3. Obat

Obat jenis tertentu malah membuat seseorang jadi susah tidur. Makanya, sebelum mengonsumsi obat disarankan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

4. Kebiasaan begadang

Ilustrasi : begadang
Ilustrasi : begadang

Ini faktor yang sulit diubah. Kebiasaan begadang bertahun-tahun, membuat seseorang akan sulit tidur di malam hari meski sudah ngantuk dan mata berat seperti ingin tidur.

5. Stress

Satu lagi penyebab paling sulit diobati. Stress atau tekanan mental sangat mempengaruhi tidur seseorang. Semakin stress, semakin sulit untuk tidur.

6. Usia

Semakin berumur, semakin seseorang sulit tidur. Walau belum ada penelitian khusus tentang ini, namun rata-rata orang yang sudah berusia lanjut akan sulit tidur di malam hari.

7. Kesehatan

Sulitnya tidur juga dipengaruhi faktor kesehatan tidur seseorang.

8. Kerjaan

Biasanya, semakin banyak kerjaan yang menumpuk, akan membuat seseorang susah tidur di malam walau sudah ngantuk.

9. Kebanyakan tidur siang hari

Nah, ini faktor dibuat-buat. Jika Anda sudah tidur nyenyak bahkan sampai berjam-jam di siang hari, otomatis di malam hari akan sukar tidur walau sudah berusaha keras.

10. Rokok

Percaya tidak percaya, semakin banyak mengonsumsi rokok, semakin susah seseorang untuk tidur di malam hari. Kecanduan rokok seringkali membuat seseorang menunda-nuda tidur walau sudah ngantuk.

11. Insomnia

Ini hampir sama dengan kebiasaan begadang. Kalau sudah bertahun-tahun susah tidur, maka seseorang akan mengidap insomnia. Insomnia adalah gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya sulit tidur, atau tidak cukup tidur, meskipun terdapat cukup waktu untuk melakukannya.

Melihat penyebab-penyebab sukar tidur di atas, barulah kita bisa mengatasinya dengan trik penyelesaian masalah tersebut.

Ngantuk tapi susah tidur bisa coba terapkan trik berikut:

1. Kurangi konsumsi kafein

Kopi mengandung cafein tinggi
Kopi mengandung cafein tinggi

Kopi, teh dan semua yang mengandung kafein, usahakan jangan terlalu banyak dikonsumsi pada siang hari.

2. Suhu kamar

Stel suhu kamar yang sesuai dan nyaman bagi Anda. Kalau tak punya air conditioner, Anda bisa memutuskan menggunakan selimut atau tidak saat mau tidur.

3. Obat

Sebelum minum obat, coba konsultasi ke dokter terlebih dahulu apakah obat itu dosis tinggi atau tidak. Biasanya obat dengan dosis tinggi akan membuat jantung berdebar hingga membuat susah tidur.

4. Kebiasaan

Untuk merubah kebiasaan butuh waktu dan ketekunan. Pelan-pelan, ubah kebiasaan tidur Anda dari hari ke hari.

5. Stress

Untuk satu ini, hanya Anda dan orang-orang dekat yang bisa menyelesaikannya. Tetapi, sholat dan berdoa diyakini bisa meringankan stress seorang. Bisa juga dengan cara curhat atau hiburan ringan lewat hobi yang Anda sukai.

6. Usia

Kalau sudah faktor usia, sulit untuk diselesaikan masalah ini. Namun, dengan terapi perobatan khusus dari dokter, bisa membuat Anda cepat tidur.

Baca Juga : Tidak Selalu Negatif, Stres Ternyata Bermanfaat dan Diperlukan

7. Kesehatan

Minum obat teratur dan didampingi dokter agar kesehatan Anda membaik. Semakin sehat, semakin cepat seorang ngantuk dan tertidur pulas.

8. Kerjaan

Usahakan selesaikan kerjaan Anda sebelum sore hari. Sehingga saat di malam hari, Anda bisa tertidur tanpa dibebani lagi pikiran tentang pekerjaan yang belum rampung.

9. Kebanyakan tidur siang hari

Kurangi tidur siang. Kalau bisa, manfaatkan waktu luang untuk berolahraga di siang hari, sehingga tubuh di malam hari jadi lelah dan cepat ngantuk serta tertidur.

10. Rokok

Kurangi konsumsi rokok. Trik khusus bagi perokok, jika rokok Anda sudah habis di malam hari, jangan beli lagi. Karena begitu Anda membeli, pikiran akan fokus ke rokok yang baru itu dan keinginan menghisapnya semakin kuat hingga mengganggu keinginan tidur Anda.

11. Insomnia

Bagi yang mengidap insomnia, ada baiknya konsultasi ke dokter yang ahli, agar bisa diberi terapi tidur berjenjang.

(san)

Baca Juga : Manfaat Ikan Gabus Untuk Ibu Hamil, Patut Dicoba

Pos terkait