Gampang Banget, Ini Cara Meredakan Stres Dalam Waktu 3 Menit

stres
Ilustrasi. (ist)

JAMBISERU.COM – Gampang Banget, Ini Cara Meredakan Stres Dalam Waktu 3 Menit

Tak perlu liburan ke luar negeri atau shopping mahal untuk meredakan stres. Pasalnya, pakar mengatakan ada cara meredakan stres gampang yang hanya butuh waktu 3 menit.

BACA JUGA : Bali Diguncang Gempa 6.0 SR, Tidak Berpotensi Tsunami

Bacaan Lainnya

Tan Hui Ping, Principal Counselor, Allied Health dari Parkway Cancer Centre Singapura mengatakan ada tiga langkah jitu yang disebut sebagai cara meredakan stres dalam waktu cepat.

“Stres tidak bisa dihindari, dan akan selalu kita temui dalam keseharian. Untuk itu kita perlu mengetahui bagaimana manajemen stres yang baik,” ujarnya, dalam seminar media baru-baru ini.

Hui Ping membagikan cara meredakan stres dalam waktu tiga menit, yang disebutnya bisa dilakukan siapa saja, meskipun saat sibuk. Ini dia cara melakukannya:

1. Deep breathing

Deep breathing atau tarik napas dalam-dalam merupakan langkah termudah untuk meredakan. Caranya, pergi ke tempat yang kosong dan tinggalkan pekerjaan, ponsel, ataupun laptop Anda.

Ilustrasi perempuan melakukan pernapasan. [Shutterstock]
Cara meredakan stres dengan deep breathing. (Shutterstock)

Setelah itu, rilekskan badan, dan tarik napas dalam-dalam selama 4 detik. Tahan napas selama 2 detik, lalu hembuskan keluar selama 4 detik lagi. Ulangi selama satu menit.

“Rumus 4-2-4 ini bisa Anda gunakan kapan saja. Ulangi selama minimal satu menit untuk membantu meredakan stres,” ujarnya.

2. Makan cokelat dan minum hangat

Tips kedua tak membutuhkan waktu lama, hanya dua menit. Sebabnya, Anda tinggal memakan cokelat hitam sambil menyeduh minuman hangat, seperti teh atau susu.

Sebuah studi menyebutkan cokelat lebih ampuh mengatasi batuk ketimbang obat batuk. (Shutterstock)
Cara meredakan stres dengan makan cokelat. (Shutterstock)

“Hanya butuh waktu dua menit untuk pergi ke dapur, mengambil cokelat hitam, dan menyeduh minuman hangat,” paparnya lagi.

3. Dengarkan lagu santai

Tips ketiga cocok bagi Anda penggemar musik. Jika punya waktu tiga menit, Anda bisa meredakan stres dengan mendengarkan lagu favorit.

Cara meredakan stres dengan dengarkan lagu. (Shutterstock)
Cara meredakan stres dengan dengarkan lagu. (Shutterstock)

Hal ini bahkan bisa Anda lakukan di meja kerja, meja belajar, atau saat dalam perjalanan pulang menggunakan bus dan kereta.

BACA JUGABerikut Jadwal Siaran Langsung Liga 1 2019 Pekan Sembilan

“Rilekskan badan, lalu putar lagu favorit Anda, terutama lagu santai dengan irama menenangkan, untuk meredakan stres,” tutupnya. (ndy)

Pos terkait