Cara Mengaktifkan Otentikasi Dua Faktor di Akun Google

  • Whatsapp
ilustrasi-google
Ilustrasi Google. Foto: Istimewa

Cara Mengaktifkan Otentikasi Dua Faktor di Akun Google

JAMBISERU.COM – Di era teknologi yang semakin canggih ini para pengguna harus memaksimalkan keamanan akun digital untuk menjaga data. Menggunakan kata sandi yang kuat memang penting, tetapi pengguna harus mengatur keamanan tingkat lanjut, salah satunya adalah otentikasi dua faktor (2FA). 2FA akan menambahkan lapisan privasi lain ke akun pengguna.

BACA JUGA : Tangani Virus Corona, Pemerintah China Bangun Rumah Sakit dalam 6 Hari!

Akun Google adalah salah satu akun yang paling penting karena sebagian besar data tersimpan di sana dan akun media sosial lain tertaut.

Dilansir Suara.com–media partner Jambiseru.com dari Android Central, berikut cara mengaktifkan otentikasi dua faktor di akun Google:

1. Mengatur otentikasi dua faktor Google Prompt

Google memungkinkan pengguna untuk menggunakan berbagai metode otentikasi dua faktor, tetapi yang termudah dan default adalah Google Prompt. Saat pengguna masuk ke akun Google di perangkat yang tidak dikenal, pengguna akan mendapatkan prompt di ponsel atau tablet yang sudah pengguna masuki. Ketuk prompt tersebut untuk mengonfirmasi bahwa pengguna mencoba masuk ke dalam akun.

Pertama, akses myaccount.google.com dan masuk ke akun Google pengguna > klik bagian Security di sebelah kiri > klik 2-Step Verification > klik Get Started > masukkan kata sandi akun Google pengguna > klik Try It Now > pilih opsi Yes saat pemberitahuan pop-up muncul > konfirmasikan nomor telepon pengguna sebagai opsi pencadangan jika Google Prompt tidak berfungsi > masukkan kode yang dikirim ke nomor ponsel dan klik Next > klik Turn On untuk mengaktifkan otentikasi dua faktor.

Baca juga : Cara Tingkatkan Pendapatan Adsense 2021

2. Mengatur otentikasi dua faktor Google Authenticator

Meskipun Google Prompt default adalah pilihan terbaik bagi sebagian besar pengguna, namun pengguna memiliki opsi lain untuk mengatur otentikasi dua faktor dengan aplikasi Google Authenticator. Aplikasi tersebut dapat diunduh secara gratis dan digunakan untuk menghasilkan kode acak untuk login otentikasi dua faktor.

Untuk mengaktifkannya, pada halaman 2-Step Verification yang baru saja aktif di browser, gulir ke bawah dan klik Set Up di bawah aplikasi Authenticator. Lalu pilih perangkat yang digunakan (Android atau iPhone) dan klik Next.

Untuk langkah selanjutnya, buka Google Play Store di ponsel > cari Google Authenticator > Instal aplikasi > buka aplikasi dan pilih Begin > pilih Skip pada bagian bawah kiri > pilih Scan a barcode > pilih Allow untuk mengizinkan akses penggunaan kamera > pindai barcode > kemudian pindah ke browser kembali.

BACA JUGA : Tuai Kritikan, Logo Baru Pasukan Luar Angkasa AS Mirip Star Trek 

Di pengaturan browser yang tadi dibuka, klik Next > masukkan kode yang muncul di aplikasi Google Authenticator pengguna > klik Verify > klik Done. (put)

Pos terkait