Terbaru! Cara Mendeteksi Gejala Corona Dengan Melihat Kaki

Gejala Terbaru Penderita Covid-19
Ilustrasi penanganan pasien virus corona. (ANTARA/REUTERS/Andrew Kelly/tm)

Terbaru! Cara Mendeteksi Gejala Corona Dengan Melihat Kaki

Jambiseru.com – Dalam beberapa hari terakhir, kerap ditemui adanya pasien positif Corona yang tak menunjukkan gejala. Dengan adanya Orang Tanpa Gejala (OTG) ini, cukup menyulitkan kita mengetahui apakah orang disekitar kita terpapar virus Corona atau tidak.

Baca JugaSeluruh Rumah Sakit Diminta Tutup Praktik Rutin

Bacaan Lainnya

Untuk mengatasi masalah tersebut, para ahli kesehatan di Eropa telah menemukan cara baru yang potensial, untuk mendeteksi orang yang sudah terinfeksi virus corona. Caranya cukup dengan melihat kaki orang tersebut.

Dokter melaporkan sejumlah pasien yang dites positif COVID-19 memiliki lesi (jaringan yang abnormal) kecil di kaki mereka. Penelitian beberapa waktu lalu dimulai di Spanyol untuk menentukan apakah itu merupakan gejala lain dari penyakit virus corona, ungkap laman Evewoman.co.ke, seperti dilansir Medical Daily.

Federasi Podiatris Internasional di Prancis melaporkan kasus lesi pada anak laki-laki berusia 13 tahun yang terinfeksi COVID-19. Awalnya dokter mengira itu lesi disebabkan oleh laba-laba tetapi pasien akhirnya mulai menunjukkan gejala COVID-19.

Ahli dermatologi kemudian melaporkan kasus serupa pada “banyak” pasien COVID-19 di Italia dan Prancis, ungkap Spanish General Council of Ocial Podiatrist Colleges.

“Lesi ungu (sangat mirip dengan cacar air, campak atau chilblains) yang biasanya muncul di jari kaki dan biasanya sembuh tanpa meninggalkan bekas,” kata ahli kesehatan.

Dalam kebanyakan kasus, lesi dialami remaja dan anak-anak yang terinfeksi virus. Ada sejumlah kecil pasien dewasa dengan luka di kaki mereka.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk secara resmi menambahkan lesi kecil pada kaki ke dalam daftar gejala COVID-19. Untuk mendapatkan bukti ilmiah perlu lebih banyak waktu.

Baca JugaSitus Update Data Corona (COVID-19) Indonesia 2020

Sementara para ilmuwan menganalisis gejala potensial, para ahli kesehatan mengatakan orang harus mengikuti rekomendasi pemerintah dan langkah-langkah pencegahan terinfeksi COVID-19 antara lain tinggal di rumah dan secara teratur mengamati kondisi mereka untuk menghindari penularan atau tertular COVID-19. (tra)

Pos terkait