Melunak, Presiden Rusia ke Ukraina: Kami Siap Bernegosiasi

Presiden Rusia
Presiden Rusia, Vladimir Putin. (dok)

Jambi Seru – Tampaknya pemerintah Rusia mulai melunak terhadap Ukraina. Presiden Rusia, Vladimir Putin menyatakan siap bernegosiasi dengan pemerintah Ukraina untuk mengakhiri perang yang telah berlangsung beberapa bulan ini. Pernyataan tersebut disampaikan Presiden Rusia saat perayaan Natal lalu.

Pernyataan Presiden Rusia tersebut, sebagai bantahan karena pihaknya disebut tidak mau bernegosiasi atau berunding dengan pemerintah Ukraina.

Menurut Vladimir Putin, pihak Ukraina dan Barat yang telah menolak ajakan untuk berunding.

Bacaan Lainnya

“Kami siap untuk bernegosiasi dengan semua orang yang terlibat tentang solusi yang dapat diterima, tapi itu terserah mereka – bukan kami yang menolak untuk bernegosiasi, tapi mereka,” kata Presiden Rusia, Vladimir Putin, Minggu (25/12/2022) seperti dikutip dari laman pikiran-rakyat.com (jaringan media indonesiadaily.co.id, partner jambiseru.com) dari artikel yang berjudul Vladimir Putin: Kami Siap Negosiasi dengan Ukraina, tapi Terserah.

Selain itu, Vladimir Putin juga menuduh Barat sedang berusaha memecah belah Rusia.

“Saya percaya bahwa kami bertindak ke arah yang benar, kami membela kepentingan nasional kami, kepentingan warga negara kami, rakyat kami. Dan kami tidak punya pilihan lain selain melindungi warga negara kami,” kata Putin.

Namun juru bicara Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Mykhailo Podolyak mengatakan justru Rusia-lah yang tidak mau bernegosiasi.

“Rusia tidak menginginkan negosiasi, tetapi berusaha menghindari tanggung jawab,” katanya.

Zelenskiy mengatakan Moskow sedang berusaha membuat Ukraina dalam beberapa hari terakhir tahun 2022 menjadi gelap dan sulit.

Staf umum angkatan bersenjata Ukraina mengatakan masih ada ancaman serangan udara dan rudal terhadap infrastruktur penting di seluruh negeri.(tra)

Pos terkait