Dicor di Musala, Linggis Seberat 10 Kilo Ditimbun Bersama Mayat Surono

Kapolres Jember AKBP Alfian Nurrizal saat memantau pembongkaran lantai mushalla untuk autopsi jasad korban pembunuhan yang dicor, Senin (4/11/2019). (Antara).
Kapolres Jember AKBP Alfian Nurrizal saat memantau pembongkaran lantai mushalla untuk autopsi jasad korban pembunuhan yang dicor, Senin (4/11/2019). (Antara).

JAMBISERU.COM – Polisi menemukan sejumlah barang bukti berupa linggis, baju dan sarung saat menemukan jasad Surono (51) yang mayatnya dicor semen di dalam lantai musala kediaman korban di Desa Sumbersalak, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

BACA JUGA : Mayatnya Dicor di Musala, Warisan dan Dendam Motif Suryono Dibunuh

Kapolres Jember AKBP Alfian Nurrizal mengatakan, saat ini polisi telah memboyong barang bukti tersebut untuk menjadi petunjuk dalam upaya membongkar kasus tersebut.

Bacaan Lainnya

“Kami juga menemukan beberapa barang bukti saat membongkar jasad korban yang dicor di bawah lantai musala, yakni linggis pajang 65 sentimeter dengan diameter 4 sentimeter yang beratnya 10 kilogram, kemudian baju dan sarung korban,” kata Alfian, dilansir dari laman Suara.com (media partner Jambiseru.com), Selasa (5/10/2019).

Berdasarkan hasil autopsi, lanjut dia, korban Surono dihabisi oleh pelaku dengan benda tumpul hingga meninggal dunia dan dikubur di dalam rumah, kemudian di atas kuburan tersebut dicor dengan semen untuk dibangun sebuah mushalla dan dapur.

Dugaan sementara motif, pembunuhan yang jasadnya dicor di bawah lantai musala karena warisan atau dendam pelaku kepada korban.

“Dari pemeriksaan saksi-saksi yang sudah dimintai keterangan, kami duga motif warisan atau dendam yang menyebabkan korban Surono dihabisi oleh pelaku,” katanya.

Menurutnya, pemeriksaan aparat kepolisian mengerucut pada keterangan dua orang saksi yang merupakan teman dekat salah satu terduga. Namun saksi tersebut bukan berasal dari keluarga korban.

“Keduanya berstatus sebagai saksi dan keterangan kedua saksi kunci itu akan kami kembangkan dengan dikonfrontir keterangan anak dan istri korban,” tuturnya.

Alfian mengatakan Polres Jember masih belum menetapkan tersangka atas kasus pembunuhan yang terjadi di Desa Sumbersalak tersebut karena masih perlu dilakukan pendalaman oleh penyidik.

Sebelumnya warga Jember dihebohkan dengan temuan dugaan identik jasad kerangka manusia yang terkubur dalam cor-coran semen di mushalla yang berada di belakang sebuah rumah yang terletak di Dusun Joruju, Desa Sumbersalak, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember, Minggu (3/11/2019).

BACA JUGAMayat Dicor di Musala, Suryono Dibunuh Calon Suami Istrinya Sendiri

Penemuan itu berawal dari laporan masyarakat adanya warga bernama Surono yang hilang sekitar 7 bulan lalu dan diduga korban dikuburkan dengan tidak wajar di belakang rumahnya yang kini sudah dibangun musala dengan dapur dan kamar mandi lengkap. (ndy)

Pos terkait