Nama Bachyuni Mencuat untuk Pilkada Muaro Jambi, Pengamat : Peluangnya Terbuka

Pj Bupati Muaro Jambi, Bachyuni. Foto: Uda/Jambiseru.com
Pj Bupati Muaro Jambi, Bachyuni. Foto: Uda/Jambiseru.com

JAMBI, Jambiseru.com – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Muaro Jambi masih lama. Namun sejumlah nama telah mencuat dan diperhitungkan bakal mengikuti perhelatan politik lima tahun sekali itu. Seperti misalnya, Ivan Wirata, Bambang Bayu Suseno dan Masnah Busro.

Belakangan, nama Pj Bupati Muaro Jambi, Bachyuni Deliansyah juga disebut-sebut masuk sebagai tokoh yang digadang-gadang bakal maju menjadi calon bupati. Kendatipun belum ada pernyataan resmi dari Bachyuni Deliansyah, namun hampir disetiap sudut daerah di Kabupaten Muaro Jambi terpampang baliho dirinya.

Di mata pengamat politik, sosok Bachyuni termasuk dalam tokoh yang memiliki peluang untuk maju. Mengingat kultur masyarakat Muaro Jambi sangat heterogen dan lebih terbuka dengan orang baru.

Bacaan Lainnya

“Peluangnya terbuka. Kita tau masyarakat Muaro Jambi ini heterogen, lebih terbuka dan mudah menerima orang baru seperti di Sungai Gelam, Mestong, Jaluko,” kata Ja’far Ahmad, pengamat politik.

Menurutnya, dengan jabatan Bayu (sapaan akrab Bachyuni) sebagau Pj Bupati Muaro Jambi, tentunya memberikan pengaruh terhadap popularitas maupun elektabilitasnya. Ditambah lagi jika Bachyuni memang sengaja menyiapkan semua itu untuk mempersiapkan langkah politiknya kedepan.

“Pengaruhnya ada, apalagi Bachyuni dengan sengaja mempersiapkan diri untuk mengekspos dirinya ke publik,” ujarnya.

Hanya saja seberapa besar pengaruh Bachyuni selama menjadi pejabat Bupati dalam membentuk popularitas dan elektabilitasnya, perlu diukur.

“Kalau seberapa besar pengaruhnya saya tidak punya datanya. Maka perlu diukur lewat survei,” jelasnya.

Wakil Rektor IAIN Kerinci itu juga menyebutkan, untuk memperbesar peluangnya dari kandidat lain, semua tergantung bagaimana Bayu memainkan perannya sebagai pejabat Bupati. Jika angka kepuasan masyarrakat tinggi terhadap pemerintah Muaro Jambi di bawah kepemimpinannya, maka Bachyuni akan mendapatkan bonus dukungan.

“Kalau ukuran masyarakat itu puas dengan layanan yang diberikan oleh pemerintah, maka kemungkinan besar akan signifikan pengaruhnya bagi Bachyuni sendiri,” terangnya. (Tra)

Pos terkait