Rudal Balistik Ditembakkan Korea Utara ke Dekat Laut Jepang

Rudal Korea
Rudal balistik yang diluncurkan Korea Utara ke dekat Laut Jepang. (suara.com)

Jambi Seru – Ketegangan terjadi di dekat Laut Jepang. Rudal Balistik ditembakkan Korea Utara dekat laut tersebut. Tembakan rudal ini dilakukan, saat militer Korea Utara melakukan uji coba rudal balistik.

Adanya tembakan rudal tersebut disampaikan langsung oleh militer Korea Selatan dan Pemerintah Jepang pada Jumat (28/10/2022). Proyektil rudal tersebut jatuh di luar Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Jepang.

Pemerintah Jepang mengkonfirmasi, tidak ada laporan kerusakan akibat tembakan yang dilakukan militer Korea Utara tersebut. Totalnya ada dua rudal yang ditembakkan di lokasi tersebut.

Bacaan Lainnya

Mengutip dari laman suara.com (media partner jambiseru.com), dari artikel yang berjudul Korea Utara Kembali Luncurkan Dua Rudal Balistik Jarak Dekat ke Laut Jepang, kedua rudal itu diluncurkan dari daerah Tongchon, Provinsi Kangwon antara pukul 11:59 dan 12:18 waktu setempat, kata Kepala Staf Gabungan militer Korsel.

Pada tahun ini, Korut sudah 28 kali melakukan uji coba rudal termasuk yang melibatkan rudal jelajah.

Uji coba pada Jumat dilakukan saat Seoul dan Washington bersiap melakukan latihan bersama angkatan udara mulai Senin (31/10/2022) untuk pertama kalinya dalam lima tahun.

Korut sebelumnya menembakkan rudal balistik pada 14 Oktober.

Tidak ada peluncuran rudal oleh Korut selama pekan Kongres Partai Komunis China (CPC) yang berlangsung hingga 22 Oktober.

Pada kongres itu, Presiden China Xi Jinping mengamankan masa jabatan sekretaris jenderal CPC untuk lima tahun berikutnya. Penunjukan Xi sebagai sekjen partai, sekaligus pemimpin tertinggi China, untuk ketiga kalinya belum pernah terjadi sebelumnya.

Ketegangan di Semenanjung Korea masih tinggi. Korut dan Korsel pada awal pekan ini saling bertukar tembakan peringatan di sepanjang perbatasan laut barat di Laut Kuning yang disengketakan. (tra)

Pos terkait