PM Kanada Minta Iran Kirimkan Kotak Hitam Pesawat Ukraina ke Prancis

Korban tewas pesawat Ukraina yang jatuh di Iran (Dok. The New York Times)
Korban tewas pesawat Ukraina yang jatuh di Iran (Dok. The New York Times)

PM Kanada Minta Iran Kirimkan Kotak Hitam Pesawat Ukraina ke Prancis

JAMBISERU.COM – Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mendesak Iran untuk mengirimkan kotak hitam pesawat Ukraina yang tak sengaja ditembak jatuh Pengawal Revolusi Iran ke Prancis.

BACA JUGA : Janjian Lewat Medsos, Pasangan Mesum Digerebek saat Ngamar di Hotel

Bacaan Lainnya

Bukan tanpa sebab, Trudeau mengklaim Prancis lebih kompeten menangani persoalan penerbangan dan perekam data kokpit pesawat, dibanding Iran. Hal itu disampaikan dalam konferensi pers yang digelar di Ottawa baru-baru ini.

“Iran tidak memiliki keahlian tekni dan peralatan lengkap yang diperlukan untuk mengbokongisi kotak hitam yang rusak dengan cepat,” kata Trudeu seperti dialihbahasakan Suara.com (media partner Jambiseru.com) dari Reuters, Jumat (18/1/2020).

“Prancis akan menjadi tempat yang tepat untuk mendapatkan informasi dari kotak hitam dengan cara yang cepat. Maka dari itu, kami berharap Iran menyetujuinya,” lanjutnya.

Sebelumnya, pihak Iran mengatakan pihak berwenang yang melihat tragedi jatuhnya pesawat Ukraina pada Rabu lalu berhak atas akses data kota hitam. Namun, hal tersebut tidak direalisasikan hingga berdampak memperlambat penyelidikan.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif telah mengadakan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Kanada Francois-Philippe Champagne pdi Muscat, Oman pada ada Jumat (17/1/2020).

BACA JUGA : Fachrori Harap IKAPTK Sumbangkan Karya Bagi Pembangunan Jambi

Menlu Kanda mengatakan, Zarif telah menyetujui bokongisis transparan kotak hitam pesawat Ukraina. Selain itu, para menteri juga telah membahas mengenai pertanggungjawaban Iran terhadap keluarga para korban termasuk soal kompensasi. (ndy)

Pos terkait