Puluhan Monyet Mulai Turun dari Gunung Merapi, Masuk ke Pemukiman Warga

Luncuran awan panas dari puncak Gunung Merapi. (Ist)
Luncuran awan panas dari puncak Gunung Merapi. (Ist)

Jambi Seru – Puluhan monyet mulai turun dari Gunung Merapi dan masuk ke pemukiman warga. Adanya kejadian ini biasanya menandakan kalau Gunung Merapi akan segera meletus.

Dari informasi yang berhasil diperoleh, puluhan monyet tersebut turun ke salah satu desa di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Awalnya monyet-monyet tersebut masuk ke kebun warga, hingga akhirnya ke pemukiman penduduk.

Kepala UPTD Museum Gunungapi Merapi, Mei Hartini, memang ada kawanan monyet yang sudah masuk ke pemukiman warga. Menurutnya, informasi yang bersifat kearifan lokal seperti itu, harus ada yang bisa menerjemahkannya ke masyarakat. Sehingga bisa diterima oleh masyarakat dengan baik.

Bacaan Lainnya

“Kalau orang Jawa itu percaya kalau Merapi erupsi pasti ada tandanya. Seperti hari ini ada 30 ekor monyet sudah turun sampai pemukiman warga,” ujar Hartini, saat ditemui di Museum Gunung Merapi, Jogja, Jawa Timur, seperti dikutip dari okezone.com jaringan Inews.id dari artikel yang berjudul Kawanan Monyet Turun dari Gunung Merapi, Pertanda Akan Meletus?.

Oleh karena itu, Hartini menghimbau masyarakat agar tetap waspada menanggapi fenomena puluhan monyet yang turun dari gunung dengan ketinggian 2968 mdpl itu.

“Tetap waspada karena memang merapi itu gunung berapi yang aktif sekali, jadi hampir setiap hari ada erupsi dalam sekala kecil maupun sedang. Itu selalu ada,” kata Hartini menambahkan.

Meski hidup di tengah ancaman erupsi, Hartini mengatakan, bahwa masyarakat dan pemerintah telah bekerjasama dengan baik untuk menanggulangi proses evakuasi dari bencana Gunung Merapi.

Pos terkait

banner pln