Siap-siap! Pemerintah Bakal Audit Perusahaan Sawit, Termasuk di Jambi

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan.
Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan. (Ist)

Jambi Seru – Ini informasi untuk seluruh perusahaan perkebunan kelapa sawit. Pemerintah bakal audit seluruh perusahaan sawit, termasuk yang ada di Provinsi Jambi.

Adanya rencana audit yang dilakukan pemerintah pada perusahaan sawit tersebut, disampaikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan. Menurutnya, audit ini akan dilakukan, pasca larangan ekspor CPO dicabut oleh pemerintah.

Audit tersebut, ujar dia, merupakan tindak lanjut setelah sebelumnya Indonesia dilanda kelangkaan minyak goreng. Luhut mengatakan, audit rencananya akan dimulai pada Juni.

Bacaan Lainnya

“Nanti kami audit juga semua (perusahaan) kelapa sawit yang belum pernah sepanjang sejarah kita lakukan, luasnya berapa, suratnya, HGU-nya (Hak Guna Usaha), HPL (Hak Pengelolaan), statusnya supaya jelas,” kata Luhut saat ditanyai awak pers di Jakarta, Selasa (24/5/2022).

Bahkan, pemerintah juga akan melakukan audit terhadap kantor pusat perusahaan sawit. Pemerintah juga akan melarang perusahaan sawit berada di luar negeri dan wajib berada di Indonesia. Hal ini agar negara bisa menarik pajak dari perusahaan-perusahaan tersebut.

“Supply hari ini sudah cukup, lebih, dan sekarang harga sudah mulai turun. Kita pastikan distribusi jalan, penyaluran jalan, pengawasan jalan oleh Satgas Pangan,” kata dia.

Kelangkaan minyak goreng yang terjadi awal tahun ini jadi tamparan bagi Indonesia sebagai negara dengan produksi CPO terbesar di dunia.

Sejumlah tersangka dalam kasus korupsi ini sudah diamankan, diantarnya Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Indrasari Wisnu Wardhana, Senior Manager Corporate Affairs PT Pelita Agung Agrindustri/Permata Hijau Group Stanley MA, dan General Manager GA PT Musim Mas Picare Tagore Sitanggang. (tra)

sumber : suara.com (Media Partner Jambiseru.com)

———-

Baca juga :

Harga Sawit Hari Ini di Jambi 2022

Bakal Calon Wakil Bupati Merangin Jalani Tes Kesehatan di Jambi

SAH: Gubernur Harus Tegas Stop Angkutan Batu Bara di Jambi

Mau Minyak Goreng Gratis di Jambi? Baca Berita Ini

Saat Ketua Edi Dampingi Presiden Jokowi di Jambi

Selain ke Angso Duo, Jokowi Juga Kunjungi Tempat Ini di Jambi

Hingga Malam Ini, Hilal di Jambi Tak Terlihat

Ketua DPRD Edi Purwanto Jadwalkan Bertemu Eksekutif dan Pengusaha Migor di Jambi

Sekda Sudirman: Pemprov Serius Tangani Stunting di Jambi

Artikel ini sudah tayang di Jambiseru.com

———

Jambi Berita Terkini, Indonesia Terbaru, dan entertainment film yang tayang di web Jambiseru.com, juga tayang di medsos Jambi Seru.

Pos terkait

hut tanjabar banner pln