Anda Masih Diburu Debt Collector Leasing Motor-Mobil? Cepat Urus Ini Supaya Dapat Keringanan Lanjutan

  • Whatsapp
Presiden RI Jokowi saat mengumumkan relaksasi kredit untuk mengurangi beban ekonomi masyarakat di masa pandemi Covid 19.
Presiden RI Jokowi saat mengumumkan relaksasi kredit untuk mengurangi beban ekonomi masyarakat di masa pandemi Covid 19.

Jambiseru.com – Bagi Anda yang masih diburu debt collector atau tukang tagih dari pihak leasing, akibat menunggak bayar kredit motor-mobil? Ada baiknya membaca ini.

Penting diketahui, Presiden RI Joko Widodo melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK), kembali memperpanjang relaksasi kredit kendaraan tahun 2021 ini.

Bacaan Lainnya

Jadi, bagi yang ada kredit kendaraan baik mobil maupun motor di leasing, jangan mau kendaraannya ditarik karena menunggak bayar. Cukup ajukan perpanjangan relaksasi kredit, atau kalau tahun 2020 lalu tak dapat program ini, bisa ajukan sekarang di tahun 2021.

Dasar perpanjangan relaksasi kredit kendaraan ini adalah kebijakan stimulus kredit yang tertuang pada POJK Nomor 48/POJK.03/2020, Tentang Perubahan Atas Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 11/POJK.03/2020, Tentang Stimulus Perekonomian Nasional Sebagai Kebijakan Countercyclical Dampak Penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Bisa lihat sendiri dasar perpanjangan relaksasi kredit di link ini :

https://www.ojk.go.id/id/regulasi/Documents/Pages/Perubahan-Atas-Peraturan-Otoritas-Jasa-Keuangan-Nomor-11-tentang-Stimulus-Perekonomian-Nasional/pojk%2048-2020.pdf

POJK menetapkan, stimulus kredit yang tadinya akan berakhir pada 31 Maret 2021, diperpanjang hingga 31 Maret 2022. Ingat, tahun 2022, atau setahun lagi!

Warga Kota Jambi Sambut Antusias

Warga Kota Jambi menyambut gembira kebijakan perpanjangan relaksasi kredit kendaraan. Dengan program ini, masyarakat berhak mendapat keringanan membayar kredit kendaraan.

Tetapi, keringanan itu sesuai skema tawaran masing-masing leasing atau bank. Biasanya, akan ditawarkan perpanjangan waktu kredit (tenor) dengan pengurangan angsuran per bulan, atau penundaan pembayaran kredit dengan penambahan waktu dan nilai angsuran.

Seperti diungkap Lisma (49), seorang ibu rumah tangga di Desa Mendalo Indah, Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi. Ia sangat menanti perpanjangan relaksasi kredit ini.

Selama pandemi Covid-19, Lisma mengaku bingung bagaimana akan membayar cicilan kendaraannya. Sebab, usaha warung nasi yang ia geluti sebelumnya mengalami bangkrut karena omset terjun bebas selama pandemi.

“Macam nebar garam di laut, modal abis bae dibuatnyo (berjualan selama pandemi). Pas dapat keringanan kredit kemaren, Alhamdulillah dak pening (membayar kredit) lagi. Kalo ado lagi mau lah ngurusnyo,” ujar Lisma kepada Biru (Jambiseru), Sabtu (13/2/2021).

Hal senada diungkap Nanda (23), pemilik usaha laundry di depan SMKN 1 Kota Jambi. Ia mengakui bahwa relaksasi kredit sebelumnya sangat membantu perekonomian keluarganya selama pandemi.

“Dak berat nak bayar kredit bulanan, jadi duitnyo biso disisih untuk (kebutuhan pokok) yang lain. Kalo lanjut lagi, Alhamdulillah, makasih banyak pemerintah,” ujar Nanda ditemui di tempat usaha laundry miliknya, di Jl Jenderal A Thalib, Telanaipura, Kota Jambi.

Namun, hingga saat ini, belum ada sosialisasi ataupun instruksi dari OJK wilayah Jambi. Pasalnya, beberapa karyawan leasing yang ditemui Biru, mengaku tak tahu soal perpanjangan relaksasi kredit ini.

Setahun Relaksasi Kredit Sejak Diluncurkan Jokowi

Untuk diketahui, relaksasi kredit ini diluncurkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Maret 2020 lalu.

Sejak diluncurkan (Baca – Darurat Corona : Anda Ditagih Leasing atau Bank? Tunjukkan Video Ini atau Lapor Polisi), masyarakat berbondong-bondong mengajukan relaksasi kredit kendaraan. Baik itu ke bank maupun ke leasing-masing dalam Kota Jambi.

Rata-rata yang mengajukan relaksasi diterima oleh pihak bank maupun leasing.

Pemberlakukan relaksasi kredit ini juga menyasar ke rumah. Bagi yang kredit rumah, diberi keringanan bayar angsuran.

Namun, setelah hampir setahun berjalan, para debitur kini kembali dibayang-bayangi tagihan setelah penundaan bayar.

Karena itu, masyarakat yang jadi debitur tetapi ekonominya masih terdampak pandemi, berharap banyak dengan perpanjangan relaksasi kredit ini.

Cuma inilah cara menghindari debt collector yang legal di masa pandemi saat ini. Jadi tunggu apalagi, segera urus perpanjangan relaksasi kredit kendaraan Anda di leasing atau bank tempat Anda mengambil kredit.

Pos terkait