Rudapaksa Artinya di KBBI

Rudapaksa
Ilustrasi Rudapaksa. Foto : Istimewa

Rudakpaksa artinya adalah paksa atau perkosa di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).  Makna kata kerja ini adalah memaksa atau atau memperkosa.

Sementara, arti kata perkosa adalah paksa; keras / gagah ; kuat.

Di dalam hukum, arti kata rudapaksa atau perkosa atau pemerkosaan, merupakan perbuatan kriminal yang berwatak seksual yang terjadi ketika seseorang manusia memaksa manusia lain untuk melakukan hubungan seksual dalam bentuk penetrasi kemaluan, secara paksa atau dengan cara kekerasan.

Bacaan Lainnya

Dalam kamus besar bahasa Indonesia, perkosaan berasal dari kata perkosaan yang berarti menggagahi atau melanggar dengan kekerasan. Sedangkan pemerkosaan diartikan sebagai proses, cara, perbuatan perkosa atau melanggar dengan kekerasan.

Baca juga : Kamus Bahasa Jambi Lengkap, “Cantik” Sampai “Terima Kasih”

Kata perkosaan berasal dari bahasa latin rapere yang berarti mencuri, memaksa, merampas, atau membawa pergi.

Perkosa atau pemerkosaan, sudah lama digunakan untuk tindak kejahatan seksual di Indonesia. Di media-media konvensional, perkosa juga sudah jadi kata baku untuk merujuk aksi kriminal ini.

Tetapi, perkembangan belakangan mengharuskan pengelola media online untuk segera menggunakan kata lain yang lebih halus ketimbang perkosa.

Sebab, aturan Google pencarian, melarang penggunakan kata perkosa sebagai tajuk berita.

Setelah mencari padanan kata yang tepat, akhirnya media-media online se Indonesia, sepakat walau tak terulis untuk menggunakan kata rudapaksa sebagai pengganti kata perkosa atau pemerkosaan.

Penggunaan kata rudakapksa lalu populer sejak beberapa tahun terakhir. Seiring perkembangan waktu, rudapaksa berhasil menggantikan kata perkosa atau pemerkosa untuk menggambarkan aksi kriminal seksualitas dengan kekerasan tersebut.

Contoh penggunaan kata rudakapsa di dalam berita :

“Ayah Tega Perkosa…”

Menjadi

“Ayah Tega Rudapaksa…”

Kesimpulan, rudapaksa adalah kata lain dari perkosa atau pemerkosaan. Padahal, asal kata rudapaksa adalah paksa pada KBBI. Paksa bermakna mengerjakan sesuatu yang diharuskan walaupun tidak mau.(*)

Baca juga : 

Sopir Angkot Tega Rudapaksa Penumpang Setelah Memukulinya

Pos terkait