Mengenal Dekat Al Haris, Bupati Merangin yang Juga Gubernur Jambi Terpilih

  • Whatsapp
Mengenal Dekat Al Haris
Al Haris, Gubernur Jambi Terpilih. Foto: Jambiseru.com

Jambiseru.com – Al Haris adalah sosok yang unik. Sederhana, wibawa, merakyat tapi juga selow… Serius tapi juga humoris. Well, mengenal Al Haris seperti mengenal saudara sendiri.

Berikut aktivitas keseharian Al Haris selama menjadi Bupati Merangin 2 periode, disarikan Jambiserucom dari berbagai sumber dekat Wo Haris -sapaan akrab Al Haris-.

Maraton dan Sarapan dengan Rakyat

Bupati Merangin Al Haris memiliki jadwal yang luwes. Jika ada waktu, pagi dinihari usai sholat Subuh, ia akan maraton berkeliling rumah dinas hingga ke Pasar Bawah Kota Bangko.

Aktivitas subuh Al Haris ini persis seperti rutinitas yang dilakukan H. Hasan Basri Agus (HBA), semasa menjabat gubernur hingga saat ini, usai sholat subuh HBA selalu meluangkan waktu untuk olahraga ringan, lari pagi.

Baca Selengkapnya DI SINI

 

Pelopor Olahraga

Setiap hari, ia selalu menyempatkan diri untuk berolahraga. Baik itu pagi maupun sore hari. Bahkan ia tak segan-segan melowongkan waktu di antara jadwal yang padat demi berolahraga walaupun sebentar.

Pantauan penulis, di satu pagi, Al Haris tampak sudah berdiri di depan rumah dinas. Baju kaus, celana training dan sepatu kets, menjadi busananya pagi itu. Setelah pemenasan sebentar, Wo Haris mulai maraton di sekitar kawasan rumah dinas hingga ke Pasar Bawah.

Baca Selengkapnya DI SINI

 

Rumah Dinas, Rumah Rakyat

Rumah dinas Bupati Merangin adalah rumah bagi rakyat Merangin. Siapapun yang berkunjung dan punya keperluan, dibebaskan memasuki rumah ini. Pintu terbuka 24 jam.

Karena itu, wajar jika rumah dinas ini selalu penuh dikunjungi masyarakat. Baik dari warga Merangin sendiri maupun dari luar daerah Kabupaten Merangin.

Baca Selengkapnya DI SINI

 

Kejar Waktu, Bawa Mobil Sendiri Tak Masalah

Bupati Merangin Al Haris memang tergolong pemimpin yang unik. Dia sangat supel. Cair. Tak terlalu kaku.

Buktinya, jika waktu mepet, ia sanggup bawa mobil sendiri ke tempat acara. Ini sudah seringkali dilakukannya.

Baca Selengkapnya DI SINI

 

Imam Sholat pun Jadi

Mushola rumah dinas Bupati Merangin pagi itu masih sepi. Sebentar lagi subuh. Seorang Satpol PP yang bertugas jaga mengambil alih tugas bilal. Ia adzan, lalu kru-kru di rumah dinas mulai berduyun-duyun memasuki mushola di pojok gerbang masuk rumah itu.

Sholat mau dimulai. Penulis kaget ketika tiba-tiba Al Haris, Sang Bupati Merangin datang lalu berdiri di shaft terdepan. Pagi itu ia mengimami jamaah sholat Subuh. Dari awal hingga akhir, bacaan imam Haris terdengar sangat lancar dan tenang.

Baca Selengkapnya DI SINI

 

Tak Ada Sambal? Tenang, Ada Koki…

Bupati Merangin Al Haris memang sosok yang ringan tangan. Kemampuannya banyak. Bahkan, soal memasak pun, ia jagonya.

Berkali-kali penulis memergoki Al Haris memasak sendiri di rumah pribadinya, Lorong Kurnia, Pematang Kandis, Bangko. Mulai dari sayur, ikan sambal sampai gulai pun, ia sendiri yang menyiapkan.

Baca Selengkapnya DI SINI

 

Pemilik Senyum Ceria

Selama hampir setahun ikut dan dekat dengan Al Haris, penulis sering menjumpai tamu-tamu di rumah dinas Bupati Merangin yang terlihat berwajah muram. Malah, ada yang sangat masam. Beberapa di antaranya memendam murka.

Beberapa kali penulis mendekati tamu-tamu itu, lalu mendapat jawaban yang beragam. Intinya mereka ingin bertemu Al Haris untuk keperluan dan masalah masing-masing.

Baca Selengkapnya DI SINI

Anak Emak yang Berbakti

Sulung dari 5 bersaudara pasangan (alm) Sargawi dan Zuriah ini, sudah terbiasa hidup susah. Dari keluarga petani di Sekancing-Merangin, Haris dibesarkan Bapak dan Emak-nya dengan penuh cinta dan kesederhanaan. Perjuangan demi perjuangan mengikuti jalan hidup Al Haris hingga akhirnya menjadi Bupati Merangin dua periode.

Keberhasilannya ini tak terlepas dari dukungan penuh keluarganya, baik Bapak, Emak, maupun saudara-saudarinya.

Baca Selengkapnya DI SINI

Pos terkait