Dongeng Sebelum Tidur: Bujang Itam dan Putri Senyum Embun

Dongeng sebelum tidur ilustrasi
Dongeng sebelum tidur ilustrasi

Dongeng Sebelum Tidur: Bujang Itam dan Putri Senyum Embun

(Saran: Bacakan dongeng ini dengan nada yang lembut)

Dongeng anak ini ditulis oleh : Monas Junior *

— Ini adalah cerita fiksi atau karangan belaka. Jika ada kesamaan nama, tempat, peristiwa dan lain-lain, itu adalah kebetulan belaka–

Bacaan Lainnya

Tersebutlah seorang anak bujang yang hobi masuk keluar hutan di daerah pebukitan Jangkat. Sejak masih remaja Bujang Itam ini sudah terbiasa bemalam di hutan tanpa ditemani siapa-siapa.

Saking banyaknya ia menghabiskan waktu di hutan, kawan-kawannya jadi sedikit. Orang tua Bujang Itam juga tak mampu menahan anaknya agar tidak terus-terusan ke hutan.

Tetapi Bujang Itam tetap tekun ke hutan. Tanpa sepengetahuan orang banyak, diam-diam, Bujang Itam menjalankan misi rahasianya.

“Di dalam hutan itu, di bukit-bukit barisan itu, ada goa yang isinya penuh dengan emas. Hanya orang-orang tekun dan terpilih yang bisa menemukan dan memanfaatkan emas di sana,” cerita mendiang datuknya kepada Bujang Itam ketika dia masih kecil.

Sejak saat itu Bujang Itam jadi terobsesi dengan hutan, bukit dan goa emas di bukit barisan Jangkat itu.

Hari ke hari, bulan ke bulan, tahun ke tahun, Bujang Itam sibuk bolak balik masuk keluar hutan. Dia tak peduli hujan, panas, badai, dingin, panas, setiap hari kerjanya mencari goa emas.

Orang-orang desa bahkan menganggap Bujang Itam orang gila. Itu karena saking asyiknya ia ke hutan sehingga badannya kurus tak terurus dan sikap yang tertutup.

Pos terkait