Cegah Bencana Alam, Polres Muaro Jambi Tanam 1.999 Pohon

  • Whatsapp
kapolres
Kapolres Muaro Jambi, AKBP Ardiyanto usai menanam pohon. Foto: Doni/Jambiseru.com

Cegah Bencana Alam, Polres Muaro Jambi Tanam 1.999 Pohon

JAMBISERU.COM, Sengeti –  Menanam dan memelihara pohon merupakan  solusi di  jangka panjang dalam mencegah bencana alam. Kendati pun, kepolisian resort (Polres) Muaro Jambi, Jumat pagi (3/1/2020) mulai melakukan gerakan menanam sebanyak 1.999 pohon di lingkungan Polres Muaro Jambi.

Bacaan Lainnya

Gerakan menanam pohon ini langsung di pimpin oleh Kapolres Muaro Jambi, AKBP Ardiyanto dan diikuti oleh Wakapolres, Kompol Yudha Lesmana serta pejabat utama dan jajaran personil Polres Muaro Jambi.

Kapolres Muaro Jambi, AKBP Ardiyanto mengatakan, ribuan pohon itu ditanam guna mengurangi dampak pemanasan global dengan kemampuan pohon dalam menyerap emisi karbon penyebab terjadinya pemanasan global tersebut.

“Pohon itu nantinya juga dapat mencegah erosi atau pengikisan tanah. Kemudian dapat menyerap air sehingga mencegah terjadinya banjir,” kata AKBP Ardiyanto kepada Biru (Jambiseru) via Whathsapp.

“Untuk di Mapolres Muaro Jambi sebanyak 499 pohon, Polsek 1.500 dan Polsubsektor 150,” tambahnya.

Dikatakan Ardiyanto, selain untuk mencegah berbagai bencana, pohon itu juga dapat memberikan keindahan nantinya pada kantor Polres Muaro Jambi.

“Pohon itu juga bisa membuat rasa nyaman. Tak hanya itu, pohon juga mampu memperkuat sempadan jalan dan menjadi peneduh sekaligus pemecah angin,” ujarnya.

Selain itu, kata Ardiyanto, dengan banyaknya pohon yang ditanaman, maka nantinya pohon itu dapat menurunkan suhu panas dari sinar matahari. Sehingga udara di sekitarnya akan menjadi sejuk dan nyaman.

foto bersama
Foto bersama. (Doni/Jambiseru.com)

“Semakin banyak pohon yang ditanam, maka habitat binatang akan terjaga,” imbuhnya.

Sementara itu, ribuan pohon yang ditanaman pagi ini di Polres Muaro Jambi merupakan pohon yang menghasilkan O2 (oksigen). Disebutkannya, oksigen sangat diperlukan oleh manusia.

“Pohon juga dapat menyerap CO2 (karbondioksida), seperti udara kotor hasil gas buangan sisa pembakaran. Intinya, secara hygienis pohon sangat berguna bagi kehidupan manusia,” sebutnya.

Ardiyanto juga meminta kepada seluruh elemen masyarakat khususnya di Kabupaten Muaro Jambi untuk menanam pohon di sekitar lingkungannya. Kata dia, pohon sangat lah penting untuk kehidupan di masa depan.

“Pohon juga menjadi solusi di jangka panjang dalam mencegah bencana,” tutupnya.(uda)

Pos terkait