Heboh! Warga Temukan 9 Granat dan Amunisi Peninggalan Perang saat Bersihkan Lahan

warga temukan 9 granat
Tim Jibom Brimob Polda Sumbar mengamankan granat dan amunisi di lahan kebun warga Padang Panjang, Sumbar. Foto : Istimewa

PADANG PANJANG, Jambiseru.com – Warga kelurahan Silain Atas, Kota Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar), dihebohkan dengan penemuan granat dan amunisi yang diduga peninggalan perang. Hal tersebut diketahui ketika warga melakukan pembersihan lahan.

Kapolres Padang Panjang AKBP Donny Bramanto mengatakan, granat dan amunisi itu ditemukan tertimbun di dalam tanah. Diduga, granat yang masih aktif ini peninggalan zaman perang.

“Jadi warga akan membersihkan longsoran tanah lahan di daerah Silaing. Mereka menemukan granat dan sejumlah amunisi,” kata Donny, Minggu (30/4/2023).

Bacaan Lainnya

Granat itu, kata dia, ditemukan pada Sabtu (29/4/2023). Warga yang menemukan kemudian melapor ke polisi. Tak lama, tim dari Jibom Brimob Polda Sumbar datang ke lokasi.

“Berdasarkan laporan warga, mereka menemukan lima granat jenis nanas dan amunisi yang berada di dalam kota besi rusak yang tertimbun tanah. Kemudian petugas melakukan penyisiran kembali di sekitar lokasi penemuan dan ditemukan lagi empat granat dengan jenis yang sama,” katanya.

Dia melanjutkan, sembilan granat dan amunisi seberat 7 kilogram tersebut langsung diamankan dari lokasi penemuan.

“Dari hasil pemeriksaan, ternyata granat dan amunisi yang diduga merupakan sisa jaman perang dahulu masih aktif dan tingkat ledakan cukup tinggi dan membahayakan,” katanya.

Hasil temuan tersebut langsung dibawa ke Mako Brimob Padang Panjang dan langsung diledakkan di lokasi yang aman. (esa)

Sumber : iNewsJambi.id

Pos terkait