Gempa Susulan Disebut Tak Berbahaya, Pengungsi Diperbolehkan Pulang

Pengungsi
Pengungsi yang tengah beristirahat di tenda darurat. (pikiran-rakyat.com)

Jambi Seru – Berdasarkan perhitungan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa susulan disebut tak berbahaya lagi, sehingga pengungsi korban gempa diperbolehkan untuk pulang. Namun yang diperbolehkan pulang hanya korban gempa yang rumahnya rusak ringan.

Kepastian untuk pengungsi boleh pulang ke rumahnya masing-masing, disampaikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Apalagi BMKG sudah memastikan situasi saat ini sudah aman.

Dikatakan Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto, saat ini gempa susulan dipastikan takkan membahayakan seperti sebelum-sebelumnnya.

Bacaan Lainnya

“BMKG mengatakan sudah tidak ada gempa besar, walaupun ada gempa susulan sudah tidak membahayakan,” kata dia, dikutip dari kanal Youtube BNPB Indonesia, Senin, 28 November 2022, seperti dikutip dari laman pikiran-rakyat.com (jaringan media indonesiadaily.co.id, partner jambiseru.com) dari artikel yang berjudul BMKG Pastikan Gempa Susulan Tak Bahaya, BNPB Bolehkan Pengungsi Rumah Rusak Ringan untuk Pulang.

“Sekarang pengungsi ini masih pada takut, tapi mudah-mudahan minggu depan mereka sudah yakinlah (kembali ke rumahnya),” ujar Suharyanto lagi.

Kebijakan ini tentu tidak berlaku bagi pengungsi dengan kerusakan berat pada rumahnya. Kelompok tersebut akan secara paralel didata supaya pembangunan bisa segera dilakukan.

Suharyanto berharap, para pengungsi yang sudah bisa kembali pulang bisa perlahan memperbaiki kerusakan-kerusakan kecil pada tempat tinggal mereka.

Bicara soal pembangunan kembali, Suharyanto mengimbau soal wilayah-wilayah yang tidak boleh dibangun lagi.

Pos terkait

banner pln