Kata Anies: Pemimpin Lahir dari Kecurangan Akan Ciptakan Kebijakan Tidak Adil

Capres Anies Baswedan menemukan ketidaknormalan dan penyimpangan dalam proses Pilpres 2024.
Capres Anies Baswedan menemukan ketidaknormalan dan penyimpangan dalam proses Pilpres 2024.Foto: iNews.id

JAKARTA, Jambiseru.com – Calon Presiden (Capres) nomor urut 01 Anies Baswedan menyebut, calon pemimpin yang lahir dari kecurangan akan menciptakan kebijakan yang tidak adil untuk masyarakat Indonesia.

Sebab timnas AMIN menemukan ketidaknormalan dan penyimpangan dalam proses Pilpres 2024.

“Saudara-saudara sekalian, kepemimpinan yang lahir dari proses yang ternodai dengan kecurangan dan penyimpangan akan menghasilkan rezim yang melahirkan kebijakan yang penuh ketidakadilan dan kita tak ingin ini terjadi di Indonesia,” ujar Anies dalam menyikapi hasil pengumuman Pemilu 2024, Rabu (20/3/2024).

Bacaan Lainnya

Anies melihat dalam prinsip negara demokrasi modern, ketika rakyat melihat ketidaknormalan dan penyimpangan maka langkah yang harus dilakukan bukan dengan melakukan agitasi kepada publik.

“Ini ciri pribadi, organisasi, negara yang modern, yang matang, yang beradab,” kata Anies.

Sebelumnya, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) menyatakan sikap untuk menggugat hasil Pilpres 2024 ke Mahkamah Konstitusi (MK). AMIN menilai proses pilpres banyak ketidaknormalan dan penyimpangan.

Cak Imin mengatakan proses pilpres sebelum pencoblosan menemukan penyimpangan dan ketidakwajaran, mulai rekayasa regulasi hingga intervensi alat negara yang menjadi catatan media dan publik.

Diketahui berdasarkan hasil perhitungan suara KPU, pasangan Prabowo-Gibran mendapatkan total suara 96.214.691 atau 58,90 persen. Lalu, suara pasangan nomor urut satu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sebanyak 40.971.906 atau 24,94 persen.

Dan yang terakhir, pasangan nomor urut tiga Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang mengantongi 27.040.878 suara atau 16.46 persen. (uda)

Sumber: iNews.id

Pos terkait