Riau Kirim 2.290 Calon Jemaah Haji ke Tanah Suci

Haji
Ilustrasi CJH. Foto : Istimewa

Jambi Seru – Pemerintah Provinsi Riau mengirim 2.290 calon jemaah haji ke tanah suci pad atahun ini. Rencananya, para calon jemaah haji itu akan masuk ke asrama pada 3 Juni 2022 mendatang.

Untuk persiapan, Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Riau sudah mematangkan berbagai persiapan.

“Saat ini Riau sedang menyiapkan keberangkatan JCH yang insya Allah sesuai rencana JCH akan masuk asrama pertama 3 Juni 2022. Artinya tanggal 4 Juni JCH Indonesia sudah terbang ke Madinah untuk melaksanakan rangkaian ibadah haji,” kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau Mahyudin di Pekanbaru, Kamis.

Bacaan Lainnya

Sebanyak 2.290 calon haji reguler itu didampingi 12 petugas haji daerah (PHD), dua kelompok bimbingan ibadah haji dan umrah (KBIHU) dan 10 orang petugas kloter, sedangkan usia calon dibatasi 65 tahun per 30 Juni 2022.

Dia mengatakan, untuk jamaah Provinsi Riau akan diberangkatkan melalui Embarkasi Haji Batam. Untuk Riau direncanakan pertengahan Juni, yang kini masih menunggu surat resmi kloter keberapa akan di berangkatkan dari Embarkasi Batam.

Ia mengatakan mengingat waktu yang terbatas, Mahyudin menginstruksikan Kemenag kabupaten/kota untuk mempersiapkan proses penyelesaian dokumen, layanan terhadap jamaah haji di daerah serta pemantapan manasik haji di daerah.

“Saya berharap Kementerian Agama kabupaten/kota dapat memberikan pelayanan terbaiknya untuk jamaah haji di wilayahnya, yang waktu persiapannya sangat singkat, sehingga keberangkatan JCH di Provinsi Riau berjalan baik dan lancar,” katanya.

Kini seluruh JCH Riau yang masuk dalam daftar keberangkatan Tahun 1443 H/2022 M dan telah melunasi BPIH sedang mengikuti bimbingan manasik haji yang dilaksanakan oleh Kemenag kabupaten/kota, yang diatur sesuai Kepdirjen No. 146/Tahun 2022 Tentang Pedoman Pelaksanaan Bimbingan Jamaah Haji Reguler Tingkat kab/kota dan kecamatan tahun 1443 H/2022 M.

Sebanyak 2.290 calon haji asal Riau itu, berasal dari Kota Pekanbaru 464 orang, Kabupaten Kampar 393 orang, Kabupaten Bengkalis (132), Kabupaten Siak (105) Kabupaten Indragiri Hilir (302), Kabupaten Indragiri Hulu (102), Kabupaten Rokan Hilir (130), Kabupaten Rokan Hulu (241), Kabupaten Kuansing (116), Kabupaten Pelalawan (149), Kota Dumai (90), Kabupaten Kepulauan Meranti (66). (tra)

Sumber : suara.com (media partner jambiseru.com)

Pos terkait