Mau Daftar CPNS, Ini Syarat yang Harus Disiapkan

Syarat Daftar CPNS yang Harus Disiapkan
Loket penerimaan CPNS. Foto : Antara

Jambiseru.com – Tahun 2021 ini Pemerintah bakal membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Bagi kamu yang mau daftar CPNS ada beberapa syarat yang harus disiapkan.

Pendaftaran lowongan CPNS 2021 direncanakan mulai dibuka bulan April mendatang.

“Rencananya bulan Maret 2021 bakal ditetapkan formasinya, dan bulan April-Mei 2021 dibuka proses pendaftaran. Dan Juni 2021 mulai dilakukan seleksi,” ujar Deputi Bidang SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Teguh Widjinarko dilansir detik.com, Sabtu (13/2/2021).

Bacaan Lainnya

Tidak sedikit, kebutuhan PNS untuk rekrutmen tahun ini sampai 1,3 juta orang. Tapi, untuk formasinya masih digodok dan bakal segera diumumkan bulan depan.

“Rincian angka detailnya bakal diumumkan kemudian,” katanya.

Nah, supaya tidak kelewatan, penting untuk menyiapkan beberapa dokumen dan memenuhi persyaratan yang dibutuhkan dari sekarang.

Pada dasarnya dokumen yang harus disiapkan untuk pendaftaran CPNS 2021 tidak jauh beda dari tahun-tahun sebelumnya.

Saat pendaftaran CPNS 2019 misalnya, Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan pernah menjelaskan, dokumen yang harus disiapkan untuk pendaftaran CPNS yaitu akta kelahiran, KTP, ijazah dan transkrip nilai, kartu keluarga (KK), termasuk pas foto ukuran 4×6 dan swafoto.

“Itu sebaiknya di-scan saja dulu dengan maksimal kapasitasnya 200 KB,” kata Ridwan ketika itu.

Scan KTP diperlukan guna memastikan data kependudukan, pas foto dan swafoto untuk menyesuaikan pelamar dengan data KTP, dan scan ijazah juga transkrip guna memastikan jurusan pelamar sesuai dengan formasi yang dituju.

Hasil scan dokumen harus dipastikan terbaca dengan jelas untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan pada proses verifikasi pendaftaran.

Ridwan juga mengatakan, banyak peserta CPNS yang kelabakan ketika melakukan pendaftaran karena tidak menyiapkan dokumen itu jauh-jauh hari. Banyak pelamar yang baru men-scan persyaratan di hari yang sama ketika dibutuhkan.

“Jadi ada beberapa kasus yang di depan kepala saya sendiri itu yang diminta foto yang di-upload atau yang diunggah ijazah, minta ijazah yang diunggah kartu keluarga. banyak yang gitu-gitu. Karena itu dari awal di-scan saja semuanya,” tambahnya.

Syarat lengkap pendaftarannya berlanjut ke halaman berikutnya.

Pos terkait