Hakim Ketua Ingatkan Putri Candrawathi Soal Pasal Pencucian Uang

Ilustrasi hukum
Foto : Ilustrasi hukum

Jambi Seru – Hakim Ketua, Wahyu Imam Santoso ingkatkan Putri Candrawathi soal pasal pencucian uang. Sebab diketahui, Putri Candrawathi telah membuat rekening atas nama Brigadir J dan Ricky Rizal untuk kepentingan operasional rumah tangga.

Dijelaskan Hakim Ketua, menempatkan uang pribadi pada rekening orang lain, bisa dikenakan dengan pasal Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Apalagi uang yang disimpan pada kedua rekening tersebut dalam jumlah yang besar.

Hal itu disampaikan oleh Wahyu Iman Santoso saat memimpin sidang yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Senin (12/12/2022) lalu.

Bacaan Lainnya

”Memang benar itu untuk kebutuhan saudara. Namun, dengan menempatkan uang milik saudara ke rekening mereka, itu masuk dalam ranah pengertian tindak pidana pencucian uang,” kata Wahyu Iman seperti dilansir dari laman pikiran-rakyat.com (jaringan media indonesiadaily.co.id, partner jambiseru.com) dari artikel yang berjudul Putri Bikin Rekening Atas Nama Yosua dan Ricky Rizal, Hakim Ingatkan Pencucian Uang.

Atas pernyataan itu, Putri mengatakan bahwa tujuan menggunakan nama Ricky Rizal dan Yosua adalah untuk memudahkan transaksi ketika perlu membayar kebutuhan sekolah anak Putri di Magelang, Jawa Tengah.

”Karena kadang saya ada kegiatan, jadi ini hanya untuk kas operasional saja,” ucap Putri.

Terkait uang di rekening Yosua yang dipindahkan ke rekening milik Ricky Rizal sebesar Rp200 juta, Putri mengaku, tidak ada maksud khusus terkait pindah memindahkan uang tersebut.

Soalnya, kata dia, rekening yang dipegang Yosua dan Ricky adalah dana operasional rumah dengan sumber pribadi, yakni Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi. Putri mengaku, hanya meminjam nama Yosua dan Ricky untuk membuka rekening atas nama mereka.

Pos terkait