DKI Jakarta Resmi Miliki Taman Makam Tokoh Bangsa

Anies Baswedan.
Anies Baswedan. (Ist)

Jambi Seru – DKI Jakarta akhirnya resmi miliki Taman Makam Tokoh Bangsa (TMTB). TMTB ini terletak di TPU Karet Bivak, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Peresmian TMTB ini dilakukan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pada Kamis (13/10/2002). Peresmian TMTB TPU Karet Bivak ditandai dengan penandatanganan prasasti secara simbolis oleh Gubernur Anies.

TMTB ini dibuat untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjasa bagi bangsa Indonesia, khusunya DKI Jakarta. Di dalam taman ini juga terdapat Gallery Taman Makam Tokoh Bangsa.

Dalam sambutannya, Anies Baswedan menyampaikan, TPU Karet Bivak ini telah menjadi tempat peristirahatan terakhir para tokoh di Jakarta. Karena itu TMTB diharapkan dapat menjadi sarana publik bagi peziarah atau pengunjung untuk mendapatkan inspirasi dari kisah hidup para tokoh bangsa.

Bacaan Lainnya

“Ini adalah tempat di mana kita sebagai bangsa bisa mengambil pelajaran hikmah. Karena itulah mengapa pembangunan TMTB ini bukan sekadar pemakaman begitu saja. Tapi tempat di mana warga, anak-anak sekolah, mahasiswa bisa datang kemudian mempelajari kisah-kisah hidup mereka. Sehingga bisa menjadi hikmah bagi kita dan menjadi inspirasi,” ujar Anies, seperti dikutip dari laman suara.com (media partner jambiseru.com), dengan artikel berjudul Anies Resmikan Taman Makam Tokoh Bangsa, Dibuat Demi Mengenang Jasa Pahlawan.

Mantan Mendikbud ini juga menjelaskan, TMTB ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk menunjang sarana bagi peziarah atau pengunjung. Seperti Gallery TMTB yang dapat digunakan sebagai wadah berdiskusi dan bertukar gagasan terkait perjalanan Tokoh Bangsa terkait di lokasi pemakaman tersebut.

“Jadi ini cara kita untuk menghormati, cara kita menghargai, dan juga cara kita mengambil pelajaran dari tokoh-tokoh bangsa yang sudah wafat,” ucapnya.

“Mereka tidak dibatasi bidangnya, jadi tokoh bangsa ini bukan saja di bidang kenegaraan, tapi juga ada bidang sosial, budaya, olahraga, seni. Jadi aspeknya luas. Hal itulah yang membuat TPU Karet Bivak ini menjadi unik,” katanya memungkasi.

Perlu diketahui, pembangunan TMTB menggunakan Dana Kompensasi Sanksi Pelanggaran Surat Persetujuan Penunjukan Penggunaan Lahan/Tanah (SP3L) oleh PT Mitra Sindo Makmur yang berkolaborasi dengan Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

TMTB terdiri dari area gallery dengan luas 435 meter persegi, menampilkan informasi tokoh bangsa yang dimakamkan di area TPU karet Bivak dengan menggunakan media digital dilengkapi dengan area serba guna yang dilengkapi sarana pendukung. Di dalam galeri terdiri dari 24 monitor, yaitu 15 monitor untuk tokoh bangsa dan 9 monitor untuk komersial dan informasi umum.

Layar monitor menampilkan konten narasi singkat dari tokoh-tokoh bangsa, papan deskripsi dilengkapi dengan QR Code yang mengarahkan pengunjung ke laman website dari Taman Makam Tokoh Bangsa.

Adapun tokoh-tokoh bangsa yang ditampilkan antara lain MH Thamrin, Pramoedya Ananta Toer, Fatmawati Soekarno, H. Benyamin Sueb, Iswadi Idris, Firman Muntaco, Chairul Saleh, Chairil Anwar, Ismail Marzuki, SM Ardan, Soerjadi Soerjadarma, Kusuma Atmadja, Abu Hanifah, Roehana Khoedoes, Mohammad Natsir. (tra)

Sumber : suara.com

Pos terkait