Lahar Dingin dari Gunung Semeru Banjiri Lumajang

Awan panas
Awan panas yang keluar dari puncak Gunung Semeru dan menutupi sejumlah desa di Kabupaten Lumajang. (dok)

Jambi Seru – Perkembangan terbaru erupsi Gunung Semeru, hari ini lahar dingin dari Gunung Semeru banjiri beberapa desa di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Pemerintah langsung mengeluarkan imbauan kepada warga yang tinggal di tepi sungai, untuk waspada.

Lahari dingin dari Gunung Semeru tersebut terlihat telah mengalir di sungai. Dikhawatirkan banjir tersebut dapat mengakibatkan korban jiwa.

Bupati Lumajang, Thoriqul Hag sendiri yang langsung memberikan imbauan kepada masyarakat untuk waspada terhadap banjir lahar dingin tersebut. Dikatakannya, banjir lahar dingin akan membawa material sisa erupsi Semeru.

Bacaan Lainnya

“Hujan yang mengguyur kawasan Gunung Semeru menyebabkan banjir lahar dingin yang membawa material sisa erupsi,” ujar Bupati Luamajang yang akrab disapa Cak Thoriq, seperti dikutip dari laman pikiran-rakyat.com (jaringan media indonesiadaily.co.id, partner jambiseru.com) dari artikel yang berjudul Banjir Lahar Dingin Mengalir Lebih Lama, Bupati Lumajang Sebut Alirannya Pecah Jadi Tiga.

Dijelaskan Cak Thoriq, aliran lahar dingin dari Semeru yang mencapai 13 kilometer membuat pengerjaan pembersihan menjadi lebih lama.

Pasalnya, banjir lahan dingin mengalir ke lokasi-lokasi yang lebih luas.

Baca Juga : 

Kondisi Terkini Gunung Semeru: Masih Mengeluarkan Letusan dan Gempa

Pada erupsi Semeru tahun lalu, banjir lahar dingin mengalir ke desa-desa di Kecamatan Candipuro.

Pos terkait