Kondisi Terkini Gunung Semeru: Masih Mengeluarkan Letusan dan Gempa

Erupsi Gunung Semeru
Erupsi yang terjadi di Gunung Semeru hari ini. (ist)

Jambi Seru – Kondisi terkini Gunung Semeru, atau tepatnya hari kedua setelah meletus, gunung tersebut masih mengeluarkan letusan dan gempa guguran. Getaran gempa vulkanik tersebut masih terasa cukup kuat.

Menurut Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Semeru di Gunung Sawur, Mukdas Sofian, kondisi terkini Gunung Semeru mengalami 22 kali erupsi. Erupsi tersebut terjadi mulai dari pukul 00.00 WIB sampai 06.00 WIB dengan amplitudo 10-23 mm.
Sementara untuk lama gempa memiliki durasi 60 sampai 155 detik. Namun getaran gempa tetap terasa sampai ke pemukiman penduduk.

“Berdasarkan pengamatan kegempaan juga terekam lima kali gempa guguran dengan amplitudo 3-12 mm dan lama gempa 45-115 detik,” katanya dalam keterangan tertulis, seperti dikutip dari laman pikiran-rakyat.com (jaringan media indonesiadaily.co.id, partner jambiseru.com) dari artikel yang berjudul Kondisi Hari Kedua Erupsi Gunung Semeru, Letusan dan Gempa Guguran Masih Mendominasi.

Bacaan Lainnya

Selain itu, gempa vulkanik juga turut menyertai aktivitas erupsi Gunung Semeru yang terjadi sebanyak empat kali dengan dengan amplitudo 4-16 mm.

Catatan lainnya, gempa tektonik lokal pun terjadi satu kali dengan amplitudo 28 mm.

Baca Juga : Info Erupsi Gunung Semeru: Giliran Ternak Warga yang Dievakuasi

“Secara visual, gunung api terlihat jelas dan teramati asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas tipis hingga sedang tinggi sekitar 100-300 meter dari puncak, cuaca cerah hingga berawan, angin lemah ke arah utara, selatan, barat daya dan barat laut,” ucapnya.

Pos terkait