Kondisi Terkini Gunung Semeru: Masih Mengeluarkan Letusan dan Gempa

Erupsi Gunung Semeru
Erupsi yang terjadi di Gunung Semeru hari ini. (ist)

Saat ini, status Gunung Semeru berada pada Level IV atau awas. Masyarakat di sekitar lereng gunung diharuskan mematuhi rekomendasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigas Bencana Geologi (PVMBG).

PVMBG mengimbau masyrarakat dilarang beraktivitas apapun di sktor tenggara sepanjang Besuk Kobokan sejauh 17 km dari puncak (pusat erupsi).

Kemudian, masyarakan dl luar jarak tersebut, diimbau tidak beraktivitas pada jarak 500 m dari tepi sungan (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 19 km dari puncak.

Bacaan Lainnya

Baca Juga : Kuat Ma’ruf Buat Ketawa Pengunjung Sidang: Bilang ke JPU Otaknya Tak Sampai

“Kami juga imbau masyarakat tidak beraktivitas dalam radius 8 km dari kawah/puncak Gunung Api Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu (pijar),” tuturnya.

Selain itu, peringatan lainnya dikeluarkan petugas kepada masyarakat agar waspada dengan potensi adanya awan panas guguran, guguran lawa, dan lahar sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Api Semeru dan sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan.(tra)

Pos terkait