Status Gunung Semeru Naik Jadi Awas Level 4: Ini Perkembangannya

Puncak Gunung Semeru
Puncak Gunung Semeru saat mengeluarkan asap panas. (dok)

Jambi Seru – Status Gunung Semeru Naik menjadi Awas Level 4. Kenaikan status Gunung Semeru itu terjadi, akibat perkembangan yang terjadi dan kian membahayakan masyarakat.

Padahal sebelumnya, status Gunung Semeru masih Siaga Level 3. Namun pihak Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) akhirnya memutuskan untuk menaikan level statsunya. Hal dilakukan karena ada alasan lain mengapa status gunung berapi tersebut harus dinaikkan.

Adanya kenaikan status Gunung Semeru tersebut, disampaikan langsung oleh pihak PVMBG melalui Peneliti Bumi Madya, Agus Budianto pada Senin (5/12/2022).

Bacaan Lainnya

“Ketika kami menaikkan (status) menjadi Awas berarti ada ancaman yang bisa terjadi kepada warga yang masih berada di kawasan bencana,” katanya, seperti mengutip dari laman pikiram-rakyat.com (jaringan media indonesiadaily.co.id, partner jambiseru.com) dari artikel yang berjudul Tak Hanya karena Erupsi, Terungkap Alasan PVMBG Naikkan Status Gunung Semeru Jadi Level 4.

Selain itu, Agus Budianto juga menjelaskan bahwa masyarakat yang tinggal di luar kawasan rawan bencana tidak perlu khawatir akan terkena dampak letusan Gunung Semeru.

Oleh karena itu, tujuan dinaikkannya status Gunung Semeru tersebut tak lain agar masyarakat yang bermukim di dalam peta kawasan rawan bencana untuk segera keluar dan mengevakuasi diri dari daerah tersebut.

Baca Juga : Erupsi Gunung Semeru : 1.979 Warga di Lumajang Diungsikan ke 11 Posko Darurat

Hingga pantauan yang terus dilakukan saat ini, Gunung Semeru tercatat telah mengalami gempa letusan sebanyak 18 kali, yang terhitung sejak pukul 06.00 pagi hingga pukul 12.00 WIB.

Pos terkait