Petani Panik, Ratusan Pohon Kelapa di Merangin Tiba-tiba Mati

  • Whatsapp
Pohon kelapa di desa kungkai yang tiba-tiba mati. Foto: Edo/Jambiseru.com
Pohon kelapa di desa kungkai yang tiba-tiba mati. Foto: Edo/Jambiseru.com

Petani Panik, Ratusan Pohon Kelapa di Merangin Tiba-tiba Mati

JAMBISERU.COM – Fenomena aneh terjadi di Desa Kungkai, Kecamatan Bangko, Kabupaten Merangin. Ratusan pohon kelapa milik warga disana, tiba-tiba mati. Warga tidak tahu penyebab pasti matinya pohon-pohon tersebut.

Bacaan Lainnya

Baca Juga : Pasien Sembuh Turut Bertambah 4 di Jambi

Berdasarkan informasi yang berhasil di peroleh BIRU (Jambiseru.com), kejadian ini terjadi sejak tiga minggu lalu. Saat itu, daun kelapa di perkebunan warga tiba-tiba rontok hingga menyisakan batangnya saja. Rontoknya daun kelapa ini hanya dalam hitungan hari saja. Setelah daun kelapa habis berguguran, ratusan pohon kelapa disana lalu mati.

Anehnya, disekitar pohon kelapa yang mati tidak ditemukan adanya hama yang menyerang. Baik itu ulat ataupun hama lainnya.

Adanya kejadian ini, cukup membuat para petani kepala disana panik. Berbagai asumsi pun akhirnya bermunculan.
Salah satu warga desa setempat, Khairul (34) mengatakan, bahwa dirinya heran dengan kejadian tersebut. Dirinya dan warga lainya tidak mengetahui apa penyebabnya, sehingga ratusan pohon kelapa tersebut daunnya rontok.

“Iyo, sayo heran be, kalo memang sejenis hama, apo nian wujudnyo, anehnya tidak terlihat di batang maupun dibawah pohon kelapa itu,” ungkapnya, Minggu (5/7/2020).

Khairul mengaku, dirinya sudah meminta bantuan kepada pemerintah desa, agar bisa mencari solusinya. Warga juga berharap, dinas terkait di pemerintahan segera turun tangan, untuk mengatasi masalah ini. Warga takut, nantinya seluruh pohon kelapa yang ada disana mati semua.

Baca Juga : Dengan Alat Seadanya, Kapolsek Kumpeh Ilir Padamkan Api Karhutla

“Jangan anggap sepele, pemerintah harus lebih aktif menyikapi ini, biar masyarakat tenang,” pungkasnya. (edo)

Pos terkait