Tahun 2019, Zakat Fitrah di Muaro Jambi Tertinggi Rp 52 Ribu

0
Zakat
Zainudin, Wakil Ketua Dua Bidang Penyaluran Zakat Fitrah Baznas Muarojambi

Jambi Seru, Sengeti – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Muarojambi telah menentukan besaran zakat fitrah yang harus dikeluarkan oleh umat muslim di Muarojambi. Di tahun 2019 ini, zakat fitrah di Kabupaten Muarojambi tertinggi sebesar Rp 52 ribu.

“Untuk menengah sebesar Rp 45 ribu dan terendah Rp 37 ribu. Masyarakat juga bisa beras yang disesuaikan dengan beras yang dikonsumsi sehari-hari dengan takaran 2.5 kg per orang,” kata Zainudin, Wakil Ketua Dua Bidang Penyaluran Zakat Fitrah Baznas Muarojambi, Rabu (15/5/2019).

Selain itu, bila dibandingkan dengan tahun lalu, besaran zakat yang harus dikeluarkan umat islam di Muarojambi tahun ini mengalami kenaikan. Kenaikan yang terjadi juga cukup signifikan hingga mencapai 40 persen. Sedangkan tahun lalu, zakat fitrah tertinggi dengan ukuran beras 2.5 kg kualitas bagus Rp 37.5 ribu, kualitas menengah Rp 32.5 ribu dan terendah Rp 25 ribu.

“Semoga masyarakat Muarojambi dapat memahami dan memakluminya,” pungkas Zainudin.

Sementara itu, dengan kenaikan zakat fitrah di Muarojambi ini menjadi pertayaan masyarakat. Herlina, seorang warga Kumpeh Ulu misalnya, dia mengatakan bahwa, mengapa kenaikan yang terjadi bisa cukup signifikan dibandingkan tahun lalu.

“Kalau keberatan idaklah, kareno itu sudah jadi kewajiban kito. Cuma bertanyo-tanyo be ngapo biso cukup besar naiknyo. Indikatornyo apo mako biso naik, apo hargo beras naik atau macam mano,” ujar Herlina warga Kumpeh Ulu.(uda)

Loading Facebook Comments ...
loading...
MEDIA PARTNER: