Wahyu Zamzami, Mahasiswa Ilmu Sejarah yang Mewakili Jambi di Acara Sail Nias 2019

0
wahyu zamzami
Wahyu Zamzami, Mahasiswa Ilmu Sejarah yang mewakili Jambi di acara Sail Nias. Foto: Istimewa

JAMBISERU.COM, Jambi – Wahyu Zamzami, seorang mahasiswa Ilmu Sejarah, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jambi, berhasil terpilih menjadi salah satu pemuda yang mengikuti Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) IX 2019, untuk mewakili Provinsi Jambi.

BACA JUGA: Tahun Depan, Pemerintah Naikan Cukai Rokok 23 Persen

Kegiatan ini dalam rangka Sail Nias 2019 sebagai utusan dari Kementrian Pertahanan Republik Indonesia.

wahyu zamzami
Wahyu Zamzami bersama Menpora. Foto: Istimewa

Jamik sapaan akrabnya, ia tergabung dalam 10 perwakilan Duta Maritim Indonesia. Pemuda-pemudi terbaik Indonesia itu dari Gerakan Pramuka Saka Bahari, Kapal Pemuda Nusantara dan Bela Negara.

Mereka berlayar pada tanggal 1 sampai 12 September 2019 dengan menggunakan Kapal Republik Indonesia (KRI) Tanjung Kambani 971 TNI AL. Adapun rute yang dilalui mereka mulai dari Tanjung Priok-Subolga-Nias-Lampung hingga ke Tanjung Priok.

wahyu zamzami foto bersa
Wahyu Zamzami, Mahasiswa Ilmu Sejarah yang mewakili Jambi di acara Sail Nias. Foto: Istimewa

Sebelum berlayar, mereka terlebih dahulu diberi pembekalan tentang pengetahuan alutsista dan kemaritiman oleh Kolonel Laut (P) Dian Purnomo Sidhi M Tr (Han) selaku Komandan Denma Komando Lintas Laut Militer (kolinlamil) dan Pembina Duta Maritim Indonesia Lakseda (Purn) Surya Wiranto, terkait misi Duta Maritim pada Sail Nias 2019.

Tak hanya itu, selama 20 hari pelayaran itu, mereka juga akan melakukan program baik di dalam KRI maupun di darat. Program tersebut diberi oleh para petinggi negara seperti, Kemenpora, Kemenhan, Kasal dan Kwarnas. Kegiatan itu meliputi aksi bersih pantai, bhakti sosial, pembuatan eco brick, wisata bahari, jumpa tokoh, belajar pengolahan hasil laut, latihan militer di Brigif 4 Lampung dan kegiatan Sail Nias 2019.

Dikatakan Jamik, tujuan ditugaskannya duta maritim dalam giat Pelantara Sail Nias itu untuk membantu pemerintah dalam mempromosikan segala potensi maritim yang belum dikenal banyak orang.

wahyu zamzami foto bersa
Wahyu Zamzami, Mahasiswa Ilmu Sejarah yang mewakili Jambi di acara Sail Nias. Foto: Istimewa

“Kita juga memberikan pemahaman betapa pentingnya laut untuk kelangsungan hidup umat manusia kepada masyarakat sekitar pantai,” kata Jamik yang juga merupakan warga Desa Mendalo Darat, Kecamatan Jambi Luar Kota, Muaro Jambi.

Selanjutnya, Jamik pun juga menyebutkan bahwa, betapa sulitnya peluang untuk mengikuti berlayar dalam kegiatan Pelantara ini. Akan tetapi, pria kelahiran Jambi, 12 Mei 1998 itu bisa membuktikan dirinya sebagai pemuda Jambi tidak kalah dengan pemuda lainnya dalam mengikuti kegiatan di skala Nasional.

BACA JUGA: ‘Saling Sikut’ dengan The Daddies dan FajRi, The Minions Yakin ke Olimpiade

“Semoga dengan kembalinya dari berlayar ini, pemerintah menyambut baik langkah saya untuk membuat paguyuban Putra-putri Maritim Provinsi Jambi. Tujuannya, ke depan bisa melahirkan duta-duta yang semangat dan peduli terhadap potensi maritim yang ada,” ujar pria penyuka makanan dendeng itu.(uda)

Loading Facebook Comments ...