Pemerintah Pusat Diminta Turun Tangan, Pasca Kedatangan Ratusan Pengungsi Rohingya

Pengungsi Rohingya
Pengungsi Rohingya saat tiba di pantai Aceh Besar. (ist)

Iskandar menegaskan bahwa pihak terkait yang menangani pengungsi insternasional serta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Aceh agar secepatnya melakukan koordinasi dengan Pemerintah pusat. Apalagi isunya pengungsi tersebut adalah pencari suaka.

Dia juga menyampaikan, Departemen Luar Negeri dan penegak hukum terkait harus segera merespon, yakni dengan melakukan investigasi dan penyelidikan.

Hal itu guna mendapatkan informasi terkait apa yang melatarbelakangi pengungsi Rohingya itu datang ke Aceh.

Bacaan Lainnya

“Apakah murni mereka ini sebagai pencari suaka politik atau hanya mereka menjadikan Aceh sebagai daerah transit saja yang kemudian akan masuk ke Malaysia,” tuturnya.

Iskandar juga menyinggung terkait banyaknya pengungsi yang melarikan diri dari pengungsian. Dia mempertanyakan siapa yang memfasilitasi pelarian tersebut dan tujuannya ke mana.

Menurutnya, aksi pelarian tersebut perlu diusut tuntas, sehingga detailnya bisa diketahui, apakah ada campur tangan para sindikat human trafficking atau tidak.

“Mereka punya agen di Aceh atau di Indonesia, kemudian akan dibawa melalui Sumut (Sumatera Utara) dan masuk kembali ke Malaysia mencari kerja. Ini juga harus dilakukan proses penyelidikan lebih lanjut,” katanya.(tra)

Pos terkait