TNI AU Terbangkan Dua Pesawat untuk Antisipasi Cuaca Ekstrem

Pesawat TNI AU
Pesawat TNI AU yang akan diterbangkan untuk menabur garam di langit Jakarta. (ist)

Jambi Seru – TNI AU terbangkan dua pesawat untuk antisipasi cuaca ekstrem di Jakarta. Pesawat tersebut diterbangkan untuk menaburkan garam di langit Jakarta.

Keputusan TNI AU untuk terbangkan dua pesawat penabur garam ini dilakukan, menyusul keluarnya prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang memperingatkan adanya potensi cuaca ekstrem yang terjadi dalam beberapa hari ke depan.

Dalam perhitungan BMKG tersebut, ada dua daerah yang akan paling terdampak cuaca ekstrem tersebut, yaitu DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Bacaan Lainnya

Mengutip dari laman pikiran-rakyat.com (jaringan media indonesiadaily.co.id, partner jambiseru.com) dari artikel yang berjudul TNI AU Terbangkan Dua Pesawat, Tebar Garam di Langit Jakarta Antisipasi Cuaca Ekstrem, terkait prediksi itu, BPBD DKI Jakarta mengeluarkan pengumuman status siaga terhadap potensi cuaca ekstrem di Ibu Kota Indonesia.

Dalam hal ini, BPDB meminta masyarakat segera melakukan enam langkah antisipasi, seperti menyimak buku panduan kesiapsiagaan banjir hingga segera bertindak dengan membuat laporan ke JAKI saat menemukan potensi genangan atau banjir.

Guna mengantisipasi cuaca ekstrem, TNI AU mengerahkan dua pesawat jenis Cassa NC-212 Seri 200, guna melaksanakan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC), Selasa, 27 Desember 2022.

Dua pesawat digunakan untuk melakukan modifikasi cuaca di sekitar Ibu Kota.

Pos terkait