Partai Demokrat, Nasdem dan PKS Mulai Pamer Kemesraan

Partai PKS dan Demokrat dan Nasdem foto bersama
Partai PKS dan Demokrat dan Nasdem foto bersama. (Ist)

Jambi Seru – Jelang pemilu 2024 yang pelaksanaannya masih lebih dari satu tahun lagi, koalisi Partai Demokrat, Nasdem dan PKS mulai pamer kemesraan. Ini terlihat dari foto yang tersebar di media sosial.

Dalam foto tersebut memperlihatkan petinggi Partai Demokrat, Nasdem dan PKSA tengah berdiri bersama-sama di depan pelaminan sebuah acara resepsi.

Dikutip dari laman suara.com (media partner jambiseru.com), pakar komunikasi politik, Effendi Gazali mengomentari foto tersebut. Menurutnya para petinggi partai tersebut terlihat kompak.

Bacaan Lainnya

Baca Juga : Presiden Jokowi Pastikan Pemerintah Tak Hapus Listrik Dya 450 VA

“Kalau kita bilang silaturahmi di sebuah pernikahan boleh saja. Tapi kalau lihat posisinya, mereka berdiri berlima menghadap kamera. Posisi berdirinya juga posisi yang bagus,” kata Effendi dalam wawancara pada Rabu, (21/9/20220).

Menurut Effendi, ada gerakan taktis yang sedang terjadi di balik foto itu. Foto yang beredar tersebut seolah-olah ketiga parpol memberikan sinyal atau kode keras.

“Ini kode keras tapi belum tentu kode cepat. Artinya seberapa cepat dia akan mempengaruhi percepatan dari yang lain,” kata Effendi.

Baca Juga : Dinsos Tanjabbar Berikan SKTM untuk Adelia, Sebelum Dirujuk ke RSUD Raden Mattaher

Yang menarik dari foto tersebut, kata Effendi, para petinggi partai berfoto bersama dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang belakangan santer digadang maju di Pilpres mendatang.

“Saya sih merasa Nasdem sudah kuat dengan Anies (bakal calon Presiden). Nah sekarang apa yang sedang ditunggu? sederhananya menurut saya sudah sampai pada posisi Cawapres,” ujarnya.

Apakah posisi bakal calon (balon) Cawapres untuk Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)? Effendi masih menunggu kejutan berikutnya.

Baca Juga : Partai Gerindra Sebut Ada Upaya Menjegal Prabowo untuk Nyapres

Di sisi lain, Effendi juga mencurigai bahwa Anies justru sedang merebut suara di wilayah Jawa Timur dengan menggandeng Khofifah Indar Parawansa.

“Jangan jangan saya khawatir Prabowo nanti sama Anies ini akan rebutan Khofifah,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, foto Gubernur Anies Baswedan bersama para petinggi partai politik mengundang kehebohan. Pasalnya foto yang berasal dari acara resepsi itu digadang-gadangkan berbau koalisi politik.

Tersebarnya foto tersebut bermula dari unggahan politikus Partai Demokrat, Andi Arief pada Minggu (18/9/2022) di akun twitternya.

Pada foto tersebut tampak foto Anies Baswedan di samping ketua umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh.

Pos terkait