Nadiem Makarim Minta Kamus Sejarah Indonesia Online Segera Ditarik

Nadiem Makarim Minta Kamus Sejarah Indonesia
Mendikbud, Nadiem Makarim. (Ist)

Jambiseru.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim minta kamus sejarah Indonesia Online segera ditarik. Ia ingin kamus tersebut tidak lagi dijual bebas, baik di marketplace maupun secara online shop.

“Sudah kami minta sekarang untuk segera mencari dan merevisi dan menariknya sebaik mungkin,” kata Nadiem, usai bertemu dengan Ketua PBNU Said Aqil, Kamis (22/4/2021).

Dijelaskan Nadiem, setelah ditarik, kemendikbud akan berusaha melakukan penyempurnaan kamus sejarah Indonesia agar nantinya bisa diedarkan kembali. Ia pun memberikan pesan, agar kemendikbud memiliki tim yang komprehensif untuk menyaring informasiyang dimuat di buku, khususnya semua yang terkait dengan sejarah Indonesia.

Bacaan Lainnya

“Tentunya kami harus punya tim yang secara komprehensif lebih ketat filtering konten daripada buku-buku yang dipublikasikan, apalagi yang hubungannya dengan sejarah. Itu adalah pesan saya kepada tim saya,” ujarnya.

Mendikbud juga memastikan, selama dirinya menjabat akan berupaya merangkul sumber-sumber terkait penyusunan buku sejarah agar kejadian serupa tak terulang kembali.

“Mulai dari sekarang ini, di masa saya ini tidak bisa terjadi lagi. Kita pastikan apalagi yang berhubungan dengan isu sensitif seperti sejarah kita, itu harus benar-benar ada panelnya, SDM sejarawannya, organisasi masyarakat terlibat, dan lain-lain,” kata Nadiem.

“Jadi itu merupakan sebuah inisiatif baru. Sebenarnya dengan adanya isu ini terbuka, pasti menurut saya quality control di Kemendikbud akan malah meningkat kualitasnya,” lanjutnya.

Ia juga memastikan ke depan Kemendikbud akan menerbitkan buku dengan kualitas yang jauh lebih baik.

“Semua hal yang menciptakan isu seperti ini adalah pembelajaran yang sangat baik. Sehingga ke depannya kita bisa menciptakan dan mempublikasikan buku-buku dengan kualitas yang jauh lebih baik,” tutup Nadiem.

kumparan mencoba menelusuri sejumlah marketplace seperti Bukalapak, Shopee, dan Tokopedia. Di sana masih terdapat beberapa toko yang menjual kamus sejarah Indonesia secara online. (tra)

Sumber : kumparan.com

Pos terkait