Joe Biden Nyatakan Akan Jadi Presiden Seluruh Rakyat Amerika

Joe Biden. (Ist)
Joe Biden. Foto : Istimewa

Joe Biden Nyatakan Akan Jadi Presiden Seluruh Rakyat Amerika

Jambiseru.com – Setelah melalui perhitungan suara dengan persaingan perolehan suara yang cukup sengit, akhirnya Joe Biden dinyatakan menang da mengalahkan Donald Trump. Kandidat dari Partai Demokrat itu dinyatakan sebagai presiden Amerika Serikat terpilih.

Baca Juga : 10 Negara Termasuk China Ditetapkan Amerika Sebagai Pelanggar Kebebasan Beragama

Bacaan Lainnya

Dalam pidato kemenangannya di Chase Center, Wilmington, Delaware yang merupakan kampung halamannya, Biden menyerukan persatuan bagi warga Amerika Serikat.

“Bangsa ini telah bersuara bahwa mereka telah memberi kami kemenangan yang jelas, kemenangan yang meyakinkan, kemenangan bagi kami rakyat,” kata Biden dalam pidatonya yang disambut oleh suara klakson dari para pendukungnya.

Baca Juga : Sejarah Baru, Harris Jadi Presiden Perempuan Pertama Amerika

Sebelum memberikan pidato kemenangannya, Biden menuliskan di akun Twitternya bahwa ia akan menjadi Presiden seluruh rakyat Amerika. Ia mengaku merasa terhormat dipercaya oleh rakyat AS.

“Amerika, saya merasa terhormat karena anda telah memilih saya untuk memimpin negara besar kita. Pekerjaan di depan kita akan sangat sulit, tetapi saya menjanjikanmu ini: Saya akan menjadi presiden bagi seluruh rakyat Amerika, baik anda memilih saya atau tidak. Saya akan menjaga kepercayaan yang anda berikan ke saya,” kata Biden di Akun twitternya, seperti dikutip dari Fox News, Minggu (8/11).

Kemenangan ini membuat Biden selangkah lagi menjadi Presiden ke-46 Amerika Serikat. Biden telah mengumpulkan 279 suara elektoral, jauh di atas Trump dengan perolehan 214 suara elektoral.

Suara elektoral yang diraih Biden merupakan syarat minimal sebesar 270 suara elektoral untuk memenangi kontestasi.

Baca Juga : Balas Jasa HBA Pimpinan Ponpes Darul Aufa “Ajak” Dukung Al Haris

Joe Biden setidaknya telah memenangkan suara di sejumlah negara bagian kunci seperti Wisconsin (10), Michigan (16) dan Pennsylvania (20). (tra)

Sumber : Kumparan.com

Pos terkait