Viral! Maling Kotak Amal Diajak Berdiskusi Bukan Dipukuli Warga

Viral maling kotak amal masjid di Palembang malah dinasihati dan diberi minum oleh warga. (Ist)
Viral maling kotak amal masjid di Palembang malah dinasihati dan diberi minum oleh warga. (Ist)

Jambiseru.com – Jika biasanya maling setelah tertangkap akan dipukuli warga, namun kejadian berbeda justru terjadi di Palembang, Sumatera Selatan. Maling kotak amal yang tertangkap justru diajak berunding, usai tertangkap.

Baca Juga : Joe Biden Nyatakan Akan Jadi Presiden Seluruh Rakyat Amerika

Moment unik ini kemudian divideokan oleh warga di sekitar masjid. Videonya pun langsung viral di media sosial/
Momen tersebut diunggah oleh akun Instagram @manaberita pada Jumat lalu (6/11). Dalam video berdurasi 2 menit 18 detik itu seorang maling tampak diamankan oleh warga karena hendak mencuri uang kotak amal masjid di Puncak Sekuning, Kecamatan Ilir Barat 1, Kota Palembang.

Bacaan Lainnya

“Tertangkap lagi congkel kotak amal masjid. Remaja ini praktikkan caranya. Untung ketemu jamaah masjid yang dewasa dan tidak mau main hakim sendiri,” tulisnya.

Jika biasanya seorang atau komplotan maling yang ketahuan mencuri di sebuah tempat akan berakhir tragis dengan dihajar oleh warga. Kali ini, pemandangan tersebut tidak terjadi di Kota Palembang. Tak dipukuli, warga Kecamatan Ilir Barat, malah tampak menasihati hingga menyuruh sang maling untuk membuat tutorial cara merusak kotak amal.

Bahkan, momen tersebut sempat viral di media sosial. Dari video itu, seorang maling memakai jaket hitam tampak lesu saat diamankan oleh jamaah masjid setempat. Selain itu, sang maling juga diberi minuman oleh warga karena tampak sangat ketakutan.

Dengan penuh kesabaran, para jamaah masjid kemudian menyuruh maling tersebut untuk membuat tutorial alias mempraktikkan cara merusak atau mengambil uang dari kotak amal.

“Coba praktikkan dulu cara ambil duit di kotak amal tadi. Terus dicongkel ya? Oh pakai senter. Hati-hati masjid modus pura-pura salat pakai baju ngaji, kopiah. Kalau warga sana, kau udah bonyok. Kita bawa ke polsek ya atau kita gebuki? Jangan lah, ya kasihan,” ucap para jamaah masjid Puncak Sekuning.

Dengan tanpa menghakimi, para warga yang merupakan jamaah Masjid Sekuning kemudian menasihati maling itu agar tidak lagi melakukan perbuatan hal tersebut. Di sisi lain, saking takutnya, sang maling tampak meminum air botol yang diberi oleh jamaah.

Tak ayal, hingga artikel ini dibuat, para warganet tampak terheran-heran sekaligus salut dengan para jamaah masjid setempat yang tidak menghajar maling kotak amal tersebut. Selain itu, mereka juga salah fokus melihat sang maling diberi minuman oleh jamaah.

Baca Juga : Tambah Lagi 8 Orang Positif Corona di Tebo : Ada Kluster Sekolah

“Setuju denga sikap warga yang bijak tidak main hakim sendiri. Dia juga manusia ada faktor kenapa dia sampai melakukan itu. Mungkin dia smpai tidak bisa makan atau ada desakan dari keluarga, hanya cara dia yang salah mencuri uangnya,” sahut @sade_garden2020.

“Udah tertangkap nyuri, tapi masih bisa minum dengan santuy hahaha,” timpal @xeniezt. (tra)

Sumber : Kumparan.com

Pos terkait