Malam Tahun Baru 2023 Jalur Menuju Puncak Bogor akan ditutup

Kemacetan
Kemacetan yang terjadi di jalur menuju Puncak Bogor. Pada malam tahun baru, jalur ini akan ditutup. (ist)

Jambi Seru – Pemerintah merencanakan malam tahun baru 2023 jalur menuju Puncak Bogor akan ditutup. Penutupan tersebut akan dilakukan oleh pihak kepolisian.

Dalam upaya penutupan jalur menuju Puncak Bogor pada malam tahun baru, pihak Satlantas Polres Bogor sudah melakukan proses pengamanan. Berbagai persiapan dan langkah antisipasi terkait lonjakan volume kendaraan sudah mulai dilakukan.

Saat ini, menurut data kepolisian, volume kendaraan di wilayah Puncak Bogor mulai mengalami peningkatan. Oleh karena itu, Polres Bogor pun menyiapkan rencana atau skema antisipasi dengan memberlakukan aturan ganjil genap.

Bacaan Lainnya

Tak hanya itu saja, KBO Lantas Polres Bogor, Iptu Ketut Laswarjana menyebutkan bahwa terdapat pos pelayanan yang dibangun di beberapa titik, seperti dikutip dari laman pikiran-rakyat.com (jaringan media indonesiadaily.co.id, partner jambiseru.com) dari artikel yang berjudul Jalur Puncak Bogor Rencananya Bakal Ditutup pada Malam Tahun Baru 2023.

“Pos pelayanan ini dibangun di beberapa lokasi seperti di Posko Polisi Gadog, Masjid Attaawun dan beberapa lokasi titik rawan kemacetan dengan menempatkan personel di lokasi tersebut,” katanya, dikutip pada Senin, 19 Desember 2022.

Adapun, arus lalu lintas di kawasan Puncak Bogor juga rencananya akan ditutup pada 31 Desember 2022 pukul 18.00 WIB dan kembali dibuka pada 1 Januari 2023, pukul 06.00 WIB.

Sebagai informasi, Polri akan mengerahkan 166.000 personel untuk mengamankan momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Indonesia.

Berdasarkan keterangan dari Kapolri Jenderal Polisi Listyo S Prabowo, pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 tersebut berada dalam Operasi Lilin 2022.

“Saya kira secara menyeluruh 166.000 orang yang nanti akan diturunkan untuk melaksanakan kegiatan pengamanan di kepolisian disebut dengan Operasi Lilin,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kapolri menjelaskan bahwa Operasi Lilin itu akan mulai berlangsung sekitar 22 atau 23 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023 mendatang.

“Kami laksanakan gelar 22 atau 23 Desember sampai 3 Januari dan tentunya kami semua akan berusaha semaksimal mungkin agar seluruh rangkaian kegiatan dan aktivitas masyarakat di akhir tahun semuanya bisa berjalan dengan baik,” ucapnya.

Selain membahas soal personel, Kapolri juga menjelaskan soal persiapan pos pelayanan, pos pengamanan, dan pos pelayanan terpadu yang juga ikut didirikan selama pengamanan natal dan tahun baru.

Diketahui, hal tersebut ditujukan guna mengantisipasi situasi di akhir tahun, termasuk soal gangguan keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat. Selain itu, pendirian pos tersebut juga bertujuan sebagai upaya antisipasi intensitas bencana alam yang mungkin terjadi.

“Kemudian juga untuk memastikan agar masyarakat betul-betul bisa merasa aman dan nyaman, tentunya kami juga mendirikan posyan, pospam sampai dengan pos terpadu dimana di dalamnya lengkap seluruh stakeholder terkait untuk bersama-sama bekerja di lapangan,” tuturnya.

Adapun, sebanyak 44 juta masyarakat diperkirakan akan melakukan mobilitas dalam momen Natal dan Tahun Baru tersebut. Oleh karena itu, Kapolri pun mengimbau agar masyarakat tetap melaksanakan aturan PPKM tingkat 1.(tra)

Pos terkait