Ternyata Ini Penyebab Listrik Sering Mati Pada Saat Hujan

Ilustrasi hujan. (Suara.com)
Ilustrasi hujan. (Suara.com)

Jambi Seru – Sudah menjadi hal yang biasa, jika hujan turun dengan deras, maka aliran listrik di rumah kita kerap padam. Hal ini tentunya cukup menyusahkan kita. Namun tahukah kita, jika padamnya aliran listrik tersebut disebabkan oleh banyak faktor.

Beberapa faktor yang bisa menyebabkan listrik padam saat musim hujan diantaranya, mulai dari tersambar petir, kabel listrik yang putus tertimpa dahan pohon, atau memang dipadamkan secara sengaja oleh PLN untuk tujuan tertentu.

Mengutip dari laman suara.com (media partner jambiseru.com), dengan artikel yang berjudul “Penasaran, Kenapa Aliran Listrik Sering Mati Saat Musim Hujan?”, memang ada beberapa penyebab aliran listrik padam saat musim hujan.

Bacaan Lainnya

Seperti yang sudah disebutkan di atas, pemutusan aliran listrik saat musim hujan biasanya memang disebabkan oleh sejumlah faktor.

– Yang pertama adalah gardu listrik terendam air. Intensitas hujan yang tinggi bisa saja menimbulkan banjir, sehingga pada kondisi tersebut aliran listrik harus diputus sementara. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mencegah sengatan listrik yang membahayakan pelanggan serta mencegah potensi gangguan kelistrikan yang lebih besar.

– Kemudian, yang kedua adalah karena kabel listrik tertimpa pohon. Selain banjir, hal lain yang bisa menyebabkan aliran listrik terputus adalah adanya pohon tumbang.

– Dan yang ketiga, curah hujan dengan intensitas yang tinggi juga berisiko terhadap tanah longsor sehingga akan berpotensi merubuhkan jaringan dan memutus suplai listrik.

– Keempat, Saat musim penghujan disertai petir juga bisa menyebabkan gangguan distribusi listrik, sambaran petir pada trafo distribusi atau jaringan PLN kerap kali menjadi salah satu penyebab gangguan listrik.

Waspadai Korsleting Listrik di Rumah Saat Musim Hujan

Risiko korsleting listrik juga meningkat saat musim hujan, di mana tetesan air hujan yang merembes dari atap rumah kerap memicu terjadinya korsleting listrik. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui cara mencegah korsleting listrik di musim hujan supaya listrik tetap aman dan tidak membahayakan penghuni rumah.

Perlu diketahui, korsleting listrik adalah sebuah kondisi di mana terjadi kerusakan jaringan listrik yang menyebabkan arus listrik mengalir menjadi lebih pendek dari yang seharusnya. Hal ini akan mengakibatkan lonjakan arus di satu sisi kabel yang memicu percikan api hingga ledakan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya korsleting listrik saat musim hujan:

– Pertama, matikan alat pemutus rangkaian listrik (Miniature Circuit Breaker/MCB) atau saklar Earth-Leakage Circuit Breaker (ELCB) yang ada di rumah ketika hujan lebat. Ketika MCB atau ELCB mati, maka seluruh aliran listrik juga akan mati secara keseluruhan sehingga risiko terjadinya korsleting bisa dihindari.

– Lalu, korselting listrik saat musim hujan juga bisa dicegah dengan cara mencabut kabel peralatan listrik yang masih terhubung ke stop kontak.

– Pindahkan segala alat elektronik ke tempat yang lebih aman dari genangan air agar tidak terjadi korsleting listrik.

Pos terkait