KUHP Baru: Berzina Dihukum 1 Tahun, Tapi Tinggal Serumah Tanpa Nikah Cuma 6 Bulan

Foto Ilustrasi Hukum
Foto Ilustrasi Hukum

Diketahui KUP Baru yang disahkan pada Selasa 6 Desember 2022 lalu menuai banyak penafsiran. Pasal 411 Tentang Perzinaan juga menjadi salah satu pasal yang disorot sejumlah pihak.

Pada pasal 411 yang membahas tentang perzinaan disebutkan bahwa setiap orang yang melakukan persetubuhan dengan orang yang bukan suami atau istrinya, dipidana karena perzinaan dengan pidana penjara paling lama satu tahun atau pidana denda paling banyak kategori II.

Namun pada ayat dua ditegaskan bahwa tindak pidana itu tidak dapat dilakukan penuntutan kecuali atas pengaduan yang dapat dilakukan oleh orang tua dan anak.

Bacaan Lainnya

Kemudian pada ayat empat ditegaskan kembali bahwa pengaduan juga dapat ditarik kembali selama pemeriksaan di sidang pengadilan belum dimulai.

Sementara di dalam pasal 412 setiap orang yang hidup bersama sebagai suami istri di luar perkawinan dipidana dengan pidana penjara paling lama enam bulan atau pidana denda paling banyak kategori II.

Pada ayat dua ditegaskan bahwa tindak pidana itu tidak dapat dilakukan penuntutan kecuali atas pengaduan suami atau istri bagi orang yang terikat perkawinan. Termasuk orang tua atau anaknya bagi orang yang tidak terikat perkawinan.

Namun pada ayat ditegaskan bahwa pengaduan dapat ditarik kembali selama pemeriksaan di sidang pengadilan belum dimulai.(tra)

Pos terkait