Fosil Tengkorak Hiu Berumur 300 Juta Tahun Ditemukan di Gua Tertua Dunia

penemuan-penemuan-fosil-tengkorak-hiufosil-tengkorak-hiu
Penemuan fosil tengkorak hiu. [Facebook]

Fosil Tengkorak Hiu Berumur 300 Juta Tahun Ditemukan di Gua Tertua Dunia

Jambi Seru – Sekelompok ilmuwan dari Maryland-National Capital Park dan Planning Commission’s Dinosaur Park, baru-baru ini menemukan tengkorak fosil hiu besar di Mammoth Cave National Park, sistem gua tertua di dunia yang memanjang setidaknya 643 kilometer.

BACA JUGAKorban Tewas Akibat Virus Corona Kini Mencapai 490 Orang

Bacaan Lainnya

Tengkorak hiu besar itu ditemukan tertanam di dinding gua yang terletak di Kentucky, Amerika Serikat. Gua tersebut saat ini terletak sangat jauh dari samudera, tetapi penemuan ini menunjukkan bahwa gua kuno tersebut pernah dihuni oleh hiu.

Ini adalah bukti langka yang pernah ditemukan ilmuwan dan berbeda dari bukti-bukti lainnya, yang sebelumnya telah ditemukan. Proyek penelitian fosil hiu Mammoth Cave National Park telah menemukan lebih dari 100 spesimen hiu.

Sebagian besar bukti berupa gigi yang cenderung dapat bertahan dengan sangat baik selama ribuan tahun karena terbuat dari zat fosfat kalsium yang sangat tangguh.

Namun, tengkorak adalah penemuan yang jauh lebih langka karena kerangka hiu terbuat dari tulang rawan. Sisa-sisa fosil yang ditemukan mencakup rahang bawah, beberapa tulang rawan kranial, dan beberapa gigi hiu.

fosil-tengfosil-tengkorak-hiukorak-hiu
Penemuan fosil tengkorak hiu. [Facebook]
Hiu yang dikenal sebagai Saivodus striatus dan dianggap telah punah ini berukuran sekitar antara 3,4 hingga 4 meter.

“Pelestarian fosil hiu ini luar biasa. Karena gua tidak terkena unsur-unsur eksternal seperti hujan, salju, dan angin, laju erosi batu kapur di gua lambat sehingga fosil cenderung sangat rinci dan sebagian besar masih utuh,” tulis Mammoth Cave National Park Fossil dalam unggahan di akun Facebook resmi.

Dilansir Suara.com–media partner Jambiseru.com dari IFL Science, hiu hidup di daerah ini sekitar 330 juta tahun yang lalu. Era yang dikenal sebagai periode Mississippian Akhir, masa ketika banyak lembah Sungai Mississippi tenggelam di bawah air, memanjang sekitar 358,9 hingga 323,2 juta tahun lalu.

BACA JUGAViral Penipuan Oknum Pegawai Mc Donalds, Kantongi Uang Pelanggan

Hiu telah ada di Bumi selama setidaknya 450 juta tahun, lebih tua dari pohon dan dinosaurus. Penemuan fosil tengkorak hiu dapat menambah wawasan tentang periode tersebut di Amerika Utara. (put)

Pos terkait