Polri Kembali Akan Berlakukan Tilang Manual

Tilang Manual
Polisi sedang melakukan tilang manual. (ist)

Jambi Seru – Polisi Republik Indonesia (Polri) kembali akan berlakukan tilang manual. Pemberlakukan kembali tilang manual ini dilakukan, lantaran tingkat kesadaran masyarakat yang masih rendah.

Berdasarkan pantauan pihak Korlantas Polri, semenjak dihapusnya tilang manual, tingkat kesadaran pengendaran terhadap aturan lalu lintas makin rendah.

Bahkan menurut Kakorlantas Polri, Irjen Pol Firman Santyabudi, pihaknya mendapati banyak warga yang mengendarai kendaraan tanpa pelat nomor.

Bacaan Lainnya

“Salah satunya itu tadi, masyarakat beberapa bukannya kesadaran yang muncul. Saat polisi tidak melakukan penilangan, bukannya sadar. Tapi yang ada pelat nomornya dicopot yang belakang, coba dicek deh,” kata Firman, seperti dikutip dari laman pikiran-rakyat.com (jaringan media indonesiadaily.co.id, partner jambiseru.com) dari artikel yang berjudul Tilang Manual akan Kembali Diberlakukan, Korlantas Polri Ungkap Alasannya.

Oleh karena itu, kata Firman, pihaknya akan mempertimbangkan lagi untuk memberlakukan tilang manual.

Menurutnya, tidak sedikit didapati pengendara yang sengaja melanggar peraturan lalu lintas setelah tilang manual dihapus.

“Tapi sekali lagi untuk ini pun polisi bukan berarti diam saja. Kalau kita akan tetap memberikan teguran, bahkan untuk potensi yang langkahnya bisa fatal, kita harus memberikan peringatan-peringatan,” ujarnya.

Semenjak tilang manual dihapus, Firman sudah memberikan arahan kepada jajaran di bawahnya, yakni di jalan raya tidak harus menilang.

“Kalau masyarakatnya tadi itu tidak muncul kesadaran, ya Gakkum dengan kehadiran polisi dengan penegakkan hukumnya akan kita munculkan lagi,” katanya sebagaimana dikutip  pada 4 Januari 2023.

Tingginya jumlah pelanggaran lalu lintas menjadi catatan Korlantas Polri untuk meningkatkan kesadaran pengendara untuk tertib berlalu lintas.

Kesadaran pengendara akan tertib berlalu lintas juga bisa berimplikasi pada penurunan angka kecelakaan lalu lintas. (tra)

Pos terkait