KPU Muaro Jambi Buka Pendaftaran Calon Anggota PPK, Ini Persyaratannya

ketua kpu kabupaten muaro jambi almuttaqin
Ketua KPU Kabupaten Muaro Jambi Almuttaqin.Foto: Uda/Jambiseru.com

Muaro Jambi, Jambiseru.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muaro Jambi membuka pendaftaran untuk formasi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Wilayah Muaro Jambi.

Para penyelengara tingkat Kecamatan ini nantinya akan disiapkan untuk menjadi panitia pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Muaro Jambi yang akan digelar pada November mendatang.

Ketua KPU Kabupaten Muaro Jambi Almuttaqin menyampaikan, bahwa pendaftaran calon anggota PPK ini dimulai pada tanggal 23 sampai dengan 29 April 2024.

Bacaan Lainnya

PPK yang bakal direkrut ini, kata dia, nantinya akan bertugas di 11 Kecamatan yang ada di Wilayah Kabupaten berjuluk bumi Sailun Salimbai ini.

“Penerimaan berkas pendaftarannya dimulai kemarin sampai dengan 29 April besok,” kata Almuttaqin.

Almuttaqin mengatakan, bahwa jumlah PPK yang bakal diterima nantinya yaitu 10 orang per Kecamatan. Namun, katanya, yang dilantik hanya lima orang, sementara sisanya untuk disiapkan sebagai pengganti antar waktu.

Untuk persyaratan pendaftaran, kata dia, masyarakat bisa mengakses situs resmi KPU Muaro Jambi atau Siakba KPU.

“10 orang per Kecamatan. Tapi, yang akan dilantik nantinya hanya lima orang, sisanya disiapkan untuk pengganti antar waktunya,” tandas pria kelahiran Desa Pemunduran Kumpeh Ulu itu.

Berikut rangkum persyaratan pendaftaran calon anggota PPK di Kabupaten Muaro Jambi :

1. Warga negara indonesia.

2. Berusia paling rendah 17 tahun.

3. Setia kepada Pancasila sebagai dasar negara, Undang-Undang dasar negara Republik Indonesia Tahun 1945, negara kesatuan republik Indonesia, bhinneka tunggal ika dan cita-cita proklamasi 17 Agustus 1945.

4. Mempunyai integritas pribadi yang kuat jujur dan adil.

5. Tidak menjadi anggota partai politik yang dinyatakan dengan surat pernyataan yang sah atau sekurang-kurangnya dalam waktu lima tahun tidak lagi menjadi anggota partai politik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari pengurus partai politik yang bersangkutan.

6. Berdomisili dalam wilayah kerja PPK.

7. Mampu secara jasmani, rohani dan bebas dari penyalahgunaan narkotika.

8. Berpendidikan paling rendah sekolah menengah atas atau sederajat.

9. Tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap, karena melalukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara lima tahun atau lebih. (uda)

Pos terkait