Sekda Merangin Diduga Langgar Aturan Terkait Pemasangan Baliho, Gubernur Jambi Sampaikan Sanksi KASN

Tampak baliho Sekda Merangin Ir Fajarman untuk Merangin 2024.
Tampak baliho Sekda Merangin Ir Fajarman untuk Merangin 2024.

Merangin,JambiSeru.Com – Sekretaris Daerah (Sekda) Merangin tengah jadi sorotan lantaran dugaan pelanggaran. Disuruh mundur dari jabatan, Sekda Fajarman bantah Gubernur Jambi.

Diduga melanggar Kode Etik dan Kode Prilaku ASN, Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) meminta klarifikasi Sekda Merangin, Fajarman.

Sebelumnya, hal serupa dijatuhkan KASN pada pejabat Pemprov Jambi, Kemas M Fuad terkait baliho yang beredar luas.

Bacaan Lainnya

Terkait hal itu, Gubernur Jambi Al Haris menyampaikan sanksi dan arahan pada 2 pejabat di Jambi itu. Pertama mencabut baliho, kedua mensosialisasikan UU ASN sesuai arahan KASN.

“Yang ketiga, kalau memang ingin total maju, tentu arahan kita mereka pensiun dini. Ajukan pensiun dini, nanti begitu pensiun, bebas pasang baliho,” kata Gubernur Jambi, Selasa 19 Maret 2024.

Terkait hal ini, Fajarman membantah sanksi dan arahan gubernur, yang tak lain pembina ASN itu.

“KASN yang ininya (Sanksi,red), bukan gubernur,” katanya, Rabu (20/3/2024) siang.

Fajarman kembali mengulang jawaban yang sama, saat ditanyakan bahwa sanksi dan pembinaan itu dari gubernur.

Lantas, apakah Fajarman telah mengurus pensiun, baik dari arahan gubernur maupun dari penyampaiannya sendiri beberapa waktu lalu.

“Ada waktunya nanti diurusnya,” katanya.

Fajarman mengatakan, soal pensiun Ia menunggu tahapan dan PKPU terkait Pilkada 2024 yang akan berlangsung November mendatang.

Sementara itu soal klarifikasi KASN terkait yang dijadwalkan Selasa (19/3/2024), Fajarman mengatakan dijadwalkan ulang. KASN meminta klarifikasi Sekda atas temuan itu bersama BPKSDMD dan Inspektorat Merangin.(*) 

Pos terkait