Koperasi Pedagang Dibesarkan, Janji Capres Anies di Jambi

anies baswedan (tengah) saat di jambi.
Anies Baswedan (tengah) saat di Jambi.Foto : Azhari

JAMBI, Jambiseru.com – Calon Presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan, berjanji akan membesarkan koperasi kepada para pedagang pasar tradisional.

“Dan kami akan berencana membesarkan koperasi, terutama urusan-urusan lewat koperasi. Jadi pedagang pasar ini penting sekali, (koperasi) harus ada,” ungkapnya usai mengunjungi Pasar Tradisional Angsoduo di kawasan Pasar, Kota Jambi, Kamis (14/12/2023).

Diakuinya, saat di Jakarta dirinya menemukan tempat-tempat yang di situ ada koperasi warganya tidak terjebak pinjaman online ilegal (pinjol).

Bacaan Lainnya

“Itu pantauan kita dan program kita,” jelasnya usai menyerap aspirasi pedagang Pasar Tradisional Angsoduo Jambi.

Tidak hanya itu, Anies juga menemukan adanya pinjam rentenir di pasar ini. “Istilah yang kami dengar pinjam 4 kembali 7. Itu kelewatan sudah. Karena itu, saya sampaikan kepada kepala pasar segera bentuk koperasi,” tuturnya.

Dengan adanya pedagang pasar yang jumlahnya sebanyak 2000, tuturnya, maka ada kegiatan simpan pinjam.

“Dan tidak kalah penting bagi perbankan, bagi pemerintah, ketika berikan bantuan ada wadahnya, yaitu koperasi,” imbuhnya.

Tapi kalau satu-satu atau individu, lanjutnya, mereka semua akan kesulitan karena segala bisnisnya kecil (mikro).

“Tapi bila dalam bentuk koperasi, insyaallah pendanaannya akan mudah. Ketika akan membutuhkan tidak akan repot mengurus ke perbankan, karena sudah ada koperasi,” kata Anies.

Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Capres Anies Baswedan dan Cawapres Muhaimin Iskandar Provinsi Jambi, Syarif Fasha menambahkan, kedatangan Anies Baswedan ke Pasar Tradisional Angsoduo, Kota Jambi untuk berkomunikasi dengan para pedagang dan juga pengunjung pasar.

“Alhamdulillah masih ramai. Kemudian mengecek harga kebutuhan pokok, harga bawang, cabe, telur dan sebagainya,” tandasnya.

Bila nantinya terpilih jadi Presiden, ujarnya, Anies akan membuat program untuk pedagang pasar. (ari)

Pos terkait