Siapkan Puluhan Perahu Ketek Gratis, Pemkot Mudahkan Warga Ke TPS

pemkot jambi sediakan perahu ketek gratis untuk memudahkan warga untuk ke tps.
Pemkot Jambi sediakan perahu ketek gratis untuk memudahkan warga ke TPS.Foto: Jambiseru.com

JAMBI, Jambiseru.com – Partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu terus menjadi fokus Pemerintah Kota Jambi, terlebih dalam kondisi cuaca ekstrim pada masa pencoblosan ini.

Kondisi cuaca yang kurang bersahabat di Kota Jambi menyebabkan beberapa wilayah diterpa banjir, bahkan beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) pun harus di relokasi. Sampai dengan dimulainya pencoblosan tadi pagi, data dari Posko Desk Pemilu Pemkot Jambi ada 55 TPS yang direlokasi dari semula 75 TPS. Terjadi pengurangan relokasi karena sudah ada beberapa wilayah yang mulai surut dari genangan air.

Selain memindahkan beberapa TPS ketempat yang lebih kondusif, Pemkot Jambi juga memfasilitasi angkutan bagi warga yang wilayahnya terdampak banjir.

Bacaan Lainnya

“Kami telah siapkan perahu ketek gratis untuk 2 Kecamatan, yakni 11 unit perahu ketek di Kecamatan Danau Sipin dan 12 unit di Kecamatan Pelayangan, dan Alhamdulillah tadi sudah digunakan,” ujar Pj Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih saat ditemui di Posko Desk Pemilu Pemkot Jambi, Rabu (14/02/2024).

Pj Wali Kota Jambi itu mengatakan, Pemerintah harus mampu menciptakan kondisi aman dan nyaman agar warga penuh semangat ke TPS.

“Kita sangat memahami kondisi yang saat ini sedang di alami warga kita yang terdampak banjir, namun bagaimanapun kondisinya kita harus siapkan solusinya, karena Pemilu ini pesta demokrasi yang harus dilaksanakan dalam kondisi aman dan nyaman agar warga bersemangat menuju ke TPS yang mudah dijangkau,” kata Sri.

Sri mengingatkan, kesulitan akses ke TPS dapat menurunkan tingkat partisipasi pemilih, oleh karenanya Ia menginstruksikan jajarannya agar mengoptimalkan sumberdaya Pemkot Jambi untuk mengatasi hal tersebut.

“Kami mengoptimalkan sumberdaya di Pemkot Jambi, termasuk pada jajaran kami di Kecamatan dan Kelurahan agar memastikan warganya tidak kesulitan mengakses TPS. Oleh karenanya alat mobiltas, seperti perahu ketek gratis itu harus disiapkan,” tambah Sri.

Berdasarkan pantauan lapangan yang dilansir antaranews tadi pagi, sejumlah warga Kecamatan Danau Sipin, Kota Jambi, tetap bersemangat melakukan pencoblosan meskipun harus menggunakan perahu menuju ke TPS.

“Harus tetap semangat nyoblos, pakai perahu bisa, karena TPS-nya tidak terkena banjir,” kata Dewi, warga RT 36 Kecamatan Danau Sipin, Kota Jambi.

Dewi mengatakan, dia bersama keluarganya menggunakan perahu menuju TPS 42 di Danau Sipin sekira pukul 11.00 WIB.

Selain Dewi, Aris Putra warga Pulau Pandan, Kelurahan Legok, juga menggunakan perahu menuju TPS.

Aris mengatakan dia sekeluarga tetap bersemangat ke TPS meski banjir melanda, karena harus memilih pemimpin Indonesia masa depan. (fok)

Pos terkait