Oknum Kasi Dikbud Merangin Diduga Sunat DAK, Kadis : Payah Dio Tu

Oknum Kasi Dikbud Merangin Diduga Sunat DAK
Foto istimewa. (Ist)

Jambiseru.com – Aliran Dana Alokasi Khusus (DAK) di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (dikbud) Merangin pada tahun 2020 diduga disunat. Seorang oknum kasi dinas tersebut melakukan pemotongan ke sekolah-sekolah.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, pada 2020 lalu, Dikbud Merangin mendapat aliran DAK sebesar Rp 7 miliar. Dana tersebut diperuntukkan bagi 53 sekolah di Bumi Tali Undang Tambang Teliti.

Menurut Kepala Bidang Pembinaan SD, Hennizor DAK tersebut digunakan untuk pembangunan di sekolah-sekolah. Ada lima jenis kegiatan yang dilakukan menggunakan dana tersebut.

Bacaan Lainnya

“Ada 5 kegiatan pada 2020 lalu, seperti pembangunan UKS, RKB, pembangunan perpustakaan, rehab ruang kelas, dan pembangunan jamban,” jelasnya, Senin (19/4/2021).

Adanya aliran dan miliaran rupiah ke 53 sekolah itu, kemudian dimanfaatkan oleh oknum kasi tersebut. Menurut sumber jambiseru.com, oknum kasi tersebut kemudian mendatangi sekolah-sekolah yang menerima aliran DAK tersebut. Ia kemudian meminta sejumlah uang kepada kepala sekolah.

“Dio (Oknum Kasi tersebut-red) ke sekolah-sekolah sebelum kegiatan DAK itu berjalan, dengan meminta sejumlah uang,” ungkap sumber yang meminta Namanya dirahasiakan.

Besaran uang yang diminta cukup beragam. Tergantung besar DAK yang diterima pihak sekolah.

Terpisah, ketika dikonfirmasi, oknum Kasi di Dikbud Merangin itu membantah adanya tudingan tersebut. Namun ia memilih enggan untuk berkomentar lebih jauh terkait masalah itu.

“Dakdo dak ndo, siapo orang yang ngato tu,” bantah TF.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Merangin, M Zubir, mengaku angkat tangan menghadapi tingkah oknum kasi tersebut. Ia mengaku bahwa susah mengatasi oknum Kasi itu.

“Payah dio tu, lah sering sayo nepis ulah perangainyo tu,” Kata Zubir sembari mempraktekkan tangannya menepis.(Edo)

Berita Jambiseru[dot]com Lainnya : Kapolres Muarojambi Imbau Masyarakat Antisipasi Kampanye Terselubung

Berita Jambiseru[dot]com Lainnya : Merangin Berduka, Asisten III Tutup Usia

Pos terkait