Gempa Magnitudo 6,1 Guncang Malang, Mobil Berjalan Sendiri

Gempa Banten Sampai Terasa di Jakarta
Gempa. (Ist)

Jambiseru.com – Gempa bermagnitudo 6,1 guncang Malang. Guncangan gempa yang cukup keras, bahkan terasa hingga Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Akibat gempa, warga sempat panik. Bahkan mobil yang terparkir bisa berjalan sendiri.

“Saya kira ada apa kok mobilnya (yang sedang parkir) jalan. Ternyata ada gempa,” ujar warga Blora, Suyadi, kepada wartawan, Sabtu (10/4/2021).

Warga lain dari Kelurahan Balun Kecamatan Cepu Kabupaten Blora, Susiloningsih (39), menceritakan dia merasakan gempa secara singkat.

Bacaan Lainnya

“Saat itu saya sedang membungkus snack. Tiba-tiba lantainya bergoyang. Gempa-gempa. Terus saya keluar rumah. Kurang lebih terjadi selama 3 detikan,” kata dia.

Dia mengungkap beberapa warga di lingkungan Megalrejo Kelurahan Balun Kecamatan Cepu Kabupaten Blora langsung keluar rumah saat gempa.

Diwawancara terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blora, Hadi Praseno, mengatakan belum ada laporan dampak akibat gempa Malang di Blora.

“Tapi untuk di Blora sendiri belum ada laporan terkait kerusakan rumah akibat gempa tersebut. Nanti kalau ada akan kami informasikan,” ujarnya.

Gempa Malang awalnya sempat tercatat bermagnitudo (M) 6,7. Kini Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memutakhirkan datanya. Gempa Malang akhirnya ditetapkan bermagnitudo (M) 6,1.

“Hasil analisis BMKG dalam informasi pendahuluan menunjukkan gempa bumi ini memiliki Magnitudo (M) 6,7. Kemudian di-update menjadi Magnitudo 6,1,” kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno lewat keterangan tertulis, hari ini.

Episenter (pusat) gempa bumi ini terletak pada koordinat 8,83 Lintang Selatan dan 112,5 Bujur Timur atau pada jarak 96 km arah selatan dari Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kedalaman pusat gempa adalah 80 km. (tra)

Sumber : detik.com

Berita Jambiseru[dot]com Lainnya : Dihantam Puting Beliung Satu Rumah Warga di Merangin Roboh

Pos terkait