Kades Pematang V Suku Apresiasi Kegaiatan Kenduri Suwarna Bumi

Kades Pematang V Suku, Mashuri foto bersama wakil bupati dan jajaran.
Kades Pematang V Suku, Mashuri foto bersama wakil bupati dan jajaran.Foto: Rizki/Jambiseru.com

Jambi Seru – Kades Pematang V Suku, Kecamatan Muara Tembesi, Kabupaten Batanghari, Mashuri menyambut positif kegiatan Kenduri Suwarna Bumi yang dilaksanakan di Pasar Lamo Muara Tembesi.

“Iya, saya selaku putra kelahiran pasar muara tembesi mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat dan pemkab batanghari telah terselengaranya acara ini di Bumi Serentak Bak Regam,” ungkap Kades Pematang V Suku, Mashuri, Kamis (25/08/2022).

Dikatakan Mashuri, kegiatan yang dilaksanakan oleh kementrian pendidikan dan kebudayaan, kementrian pariwisata dan ekraf ini adalah momen untuk menggali sejarah dan mengingatkan kembali bahwa asal lahirnya kabupaten Batanghari bermula dari pasar Tembesi ini.

Bacaan Lainnya

“Serta lambang Batanghari diambil dari anak sungai Batang Tebo dan Batang Tembesi bertemu dgn sungai Batang hari di pertigaan huruf Y.dan mengenang bahwasanya pasar Tembesi dulu nya menjadi pusat pemerintahan dan pusat perdagangan rempah-rempah di zaman Belanda,cina,dan Arab,” tuturnya.

Disebutkan Mashuri, maka dari itu sejarah penyerahan kedaulatan untuk Jambi diserahkan Bung Hatta di pasar Tembesi dengan tanda adanya gedung-gedung bersejarah dan benteng Belanda

“Untuk itu kami mohon kepada pemerintah pusat,supaya membantu untuk dijadikan pasar Tembesi menjadi daerah cagar budaya dan dijadikan tempat wisata bersejarah, serta bisa mengembalikan bagunan lama bersejarah tersebut dengan direnovasi kembali menggunakan anggaran APBN,” katanya.(riz)

Pos terkait