Pj Bupati Bachyuni Deliansyah Teken Legalitas FKPI-UMKM Muaro Jambi

UMKM

Jambi Seru – Forum Koordinasi Pelaku Industri (FKPI) Usaha Mikro Kecil dan Menengah resmi terbentuk. Pembentukan paguyuban yang konsern terhadap perkembangan dan kemajuan industri kecil menengah dan UMKM tersebut tertuang dalam SK Nomor: 535/Kep. Bup/DKUKM dan Perindag/2022 tertanggal 25 Agustus 2022. Bahkan SK tersebut sudah diteken Penjabat Bupati Muaro Jambi, Bachyuni Deliansyah.

Pj Bupati pun sangat respek dengan terbentuknya forum ini. Beliau berharap semoga forum ini bisa membawa dampak yang signifikan bagi perkembangan industri kecil menengah dan UMKM di Bumi Sailun Salimbai.

“Kita berharap forum ini bisa kompak ke depannya dalam melakukan kegiatan pengembangan dan pembinaan kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah sehingga memberikan kontribusi bagi pemulihan ekonomi nasional dan daerah, khususnya Muaro Jambi,” kata Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah saat memberikan arahan kepada Kabid Industri Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Muaro Jambi Sudirman MPd, Kamis (25/08/2022).

Ke depan, Bupati ingin dinas terkait serta forum ini bisa memprioritaskan program peningkatan produktivitas IKM dan UMKM agar tumbuh dan berkembang lebih baik.

“Saya juga berpesan dan bakal menggalakkan promosi produk-produk IKM dan UMKM kita. Kepada seluruh OPD dan masyarakat agar bisa menggunakan produk UMKM sebagai wujud nyata bangga buatan Indonesia, dan ini juga sesuai arahan presiden. Dinas terkait juga saya minta pro aktif untuk membina UKM di semua sektor,” kata Pj Bupati.

Sementara itu, Kadis Koperindag Riduwan melalui Kabid Industri Sudirman MPd mengemukakan, dengan telah ditekennya SK pembentukan forum oleh Bupati hari ini, tentu FKPI UMKM ke depan sudah memikul beban dan tanggung jawab sesuai tupoksinya.

“Alhamdulillah hari ini sah legalitas pembentukan forum koordinasi Pelaku Industri-UMKM Kabupaten Muaro Jambi, dan sudah diteken oleh pak Pj Bupati. Secara garis besar, forum yang diketuai Zar’ie Muhammad mengemban tugas membantu bupati mengkoordinasikan pengembangan kelembagaan dan sumberdaya manusia IKM dan UMKM kabupaten Muaro Jambi,” kata Sudirman.

Sudirman pun bercerita bahwa di sela-sela pertemuan dirinya dengan Pj Bupati Muaro Jambi, terselip perintah dari Bupati agar forum ini sesegera mungkin melaksanakan pelatihan.

“Tadi pak Bupati mengarahkan agar secepatnya dijadwalkan untuk pengukuhan pengurus forum. Beliau langsung memerintahkan Kabag Protokol untuk sesegera mungkin menjadwalkan pelaksanaan pelantikan itu. Kita berterima kasih kepada pak Pj Bupati yang sudah menyambut baik dan memfasilitasi progres forum koordinasi pelaku industri dan UMKM ini,” kata Sudirman. (uda/adv)

Pos terkait