Saksi SMB Hilang, Pengacara: Ini Penculikan

Kuasa Hukum YBLHI, Era. Foto: Yogi/Jambiseru.com
Kuasa Hukum YBLHI, Era.Foto: Yogi/Jambiseru.com

Saksi SMB Hilang, Pengacara: Ini Penculikan

JAMBISERU.COM, Jambi – Sampai saat ini pihak penasehat hukum Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI), tidak dapat bertemu dengan saksi Domiri, sejak hilang pada Senin (25/11/2019) di luar ruang Pengadilan Negeri Jambi.

BACA JUGA : Suap RAPBD, Dodi Mantan Kadis PU Jambi “Bernyanyi”

Bacaan Lainnya

Kuasa Hukum YBLHI, Era, mengaku, saksi Domiri sengaja dihadirkan di Pengadilan Negeri Jambi, dalam agenda pemeriksaan saksi yang meringankan terdakwa Muslim, Ketua Serikat Mandiri Batanghari (SMB). Tetapi, tiba-tiba Domiri menghilang saat berada di luar persidangan.

“Kami mendapat laporan dari Lidya, istri Domiri, bahwa suaminya dibawa oleh orang yang tak dikenal. Dia dimasukan ke dalam mobil,” katanya.

Lalu, selesai persidangan kami langsung mengejar ke bagian Humas Pengadilan Negeri Jambi, untuk melihat CCTV.

“Pihak pegadilan mengatakan bahwa cctv mati karena listrik mati, lampu dihidupkan dengan genset. Tetapi dia memastikan bahwa Domiri dibawa ke Polda,” tegasnya.

Mendengar hal itu, pihak pengacara langsung mengejar ke Polda dan membuat laporan di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT).

“Kami melaporkan karena ini ada dua dugaan tindak pidana. Pertama kategori penculikan. Meskipun polisi yang membawanya, tapi polisi mengambil orang tanpa surat-surat pemanggilan dan melanggar hukum dan HAM,” tegasnya.

Kedua, di dalam UU nomor 31 tahun 2014 tentang perlindungan saksi, dikatakan bahwa orang yang menghalangi-halangi saksi bisa dijatuhkan pidana.

Malangnya, laporan pihak penguasa hukum SMB tidak diterima laporannya oleh polisi. “Kata mereka Pak Domiri sedang diperiksa di bagian Reskrimum,” kata Era.

Lalu Lidya, istri Domiri mengatakan, ia melihat suaminya dibawa orang yang tak dikenal dan dimasukkan ke dalam mobil.

BACA JUGA : Lebih Rendah dari Zola, Asiang Dituntut 2 Tahun Penjara

“Saya melihat langsung dan melaporkan kepolisian yang berjaga, tetapi polisi itu hanya diam saja dan mengatakan dia tidak tahu,” kata lidya.(cr1)

Pos terkait